Jl. Kelapa Hijau - Bukit Indah Sukajadi - Batam 29642
SEARCH:

                 
  SVD Batam SOVERDIA (Awam SVD) Pelayanan Kitab Suci Pelayananan Internasional Liturgi dan Devosi Tirta Wacana  
 
Firman Tuhan untukku hari ini...
 
Betapa dalamnya Sabda Alkitabiah.
Semoga kita memperlakukannya dengan penghargaan yang tinggi (St. Arnoldus Janssen
)
 
  Yesus naik ke dalam sebuah perahu, yaitu perahu Simon, dan menyuruh dia supaya menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu IA duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu. Setelah selesai, Ia berkata kepada Simon, "Bertolaklah ke tempat yang lebih dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan." Simon menjawab, "Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga." (Luk 5:3-5)  
   
   
 
 
Januari 2014
  MASA NATAL  
 
 
Mereka juga saudara kita

PAUS FRANSISKUS telah dipilih oleh Majalah TIME sebagai Person of the Year 2013. Dari antara sekian banyak alasan, mengapa dia dipilih, ada satu yang paling menonjol, yakni perhatiannya kepada kaum miskin dan yang terpinggirkan di dalam kehidupan masyarakat. Bapa Suci menekankan pentingnya memperhatikan kaum miskin. Ia mengunjungi kaum imigran yang masuk karantina karena menjadi pendatang ilegal. Ia mencuci kaki seorang narapidana perempuan pada perayaan Kamis Putih. Ia merangkul orang yang berpenyakit. Ia membiarkan seorang anak memeluk dirinya, bahkan duduk di kursinya. Pendek kata, ia menampilkan diri sebagai sosok yang memberi harapan bagi banyak orang, teristimewa di tengah dunia masa kini yang kuat diwarnai oleh kekerasan dan budaya kematian. Apa yang istimewa dari perilaku tersebut?

Rujukan yang dimiliki Gereja, dan saya yakin dimiliki Sri Paus, ialah apa yang dilakukan Yesus di masa karyanya di Israel. Ia menjadi tumpuan harapan orang-orang yang tersingkirkan dari pergaulan sosial. Hari ini kita melihat perlakukan Yesus pada orang-orang kusta. Mereka yang tersingkir dari kehidupan umum itu disembuhkanNya, sehingga mereka memperoleh kembali tempatnya di dalam masyarakat.

Tugas kita masa kini ialah memberi pesan pengharapan kepada orang banyak, bahwa mereka masih mempunyai harapan dalam diri Yesus. Untuk itu kita perlu bersikap dan berperilaku yang meneledanani Yesus: terbuka kepada orang-orang berdosa, memperhatikan kaum miskin dan terlantar, merangkul orang-orang yang dibuang oleh masyarakat, dan sebagainya. Alangkah indahnya, kalau sekali waktu mereka menemukan fakta, bahwa semua itu kita lakukan karena Yesus Kristus. Bukankah dengan itu cermin wajah Yesus sangat menyentuh hati?(ap)

  1. Siapakah kaum miskin dan terpinggirkan dalam hidup anda?
  2. Menurut anda, apa kehendak Yesus yang harus anda lakukan untuk menanggapi seruanNya?
REFLEKSI BULAN INI
Mg
Sn
Sl
Rb
Km
Jm
Sb
  SESUDAH PENAMPAKAN TUHAN
 
 
Jumat, 10 Januari 2014
 
SABDA ITU TELAH MENJADI MANUSIA
DAN TINGGAL DI ANTARA KITA
 
 
 
 
 
1 Yoh 5:5-13 | Mzm 147:12-15.19-20 | Luk 5:12-16
 

Kesaksian tentang Anak Allah (1 Yoh 5:5-13)

Saudara-saudaraku terkasih, tidak ada orang yang mengalahkan dunia, selain dia yang percaya, bahwa Yesus adalah Anak Allah! Dan inilah yang telah datang dengan air dan darah, yaitu Yesus Kristus; bukan saja dengan air, tetapi dengan air dan darah. Dan Rohlah yang memberi kesaksian, karena Roh adalah kebenaran. Sebab ada tiga yang memberi kesaksian di bumi: Roh, air dan darah, dan ketiganya adalah satu. Kesaksian manusia kita terima, tetapi kesaksian allah lebih kuat. Sebab demikianlah kesaksian yang diberikan Allah tentang AnakNya. Barangsiapa percaya kepada Anak Allah, ia mempunyai kesaksian itu di dalam dirinya; barangsiapa tidak percaya kepada Allah, ia membuat Allah menjadi pendusta karena orang itu tidak percaya akan kesaksian yang diberikan Allah tentang AnakNya. Dan inilah kesaksian itu: Allah telah mengaruniakan hidup yang kekal kepada kita dan hidup itu ada di dalam AnakNya. Barangsiapa memiliki Anak Allah, ia memiliki hidup; barangsiapa tidak memiliki Dia, ia tidak memiliki hidup. Semuanya ini kutuliskan kepada kamu supaya kamu, yang percaya kepada nama Anak Allah, tahu bahwa kamu memiliki hidup yang kekal.

 

Mazmur Tanggapan (Mz 147:12-15.19-20; R: lh 12a)

Ref: Megahkanlah Tuhan, hai Yerusalem.

  1. Megahkanlah Tuhan, hai Yerusalem, pujilah Allahmu, hai Sion! Sebab Ia meneguhkan palang pintu gerbangmu, dan memberkati anak-anak yang ada padamu.
  2. Ia memberikan kesejahteraan kepada daerahmu dan mengenyangkan engkau dengan gandum yang terbaik. Ia menyampaikan perintahNya ke bumi; dengan segera firmanNya berlari.
  3. Ia memberitakan firmanNya kepada Yakub, ketetapan dan hukum-hukumNya kepada Israel. Ia tidak berbuat demikian kepada segala bangsa, hukum-hukumNya tidak mereka kenal.
 

Yesus menyembuhkan seorang yang sakit kusta (Luk 5:12-16)

Sekali peristiwa Yesus berada di sebuah kota. Ada di situ seorang yang penuh kusta. Ketika melihat Yesus, tersungkurlah si kusta dan memohon, “Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku.” Maka Yesus mengulurkan tanganNya menjamah orang itu dan berkata, “Aku mau jadilah engkau tahir!” Seketika itu juga lenyaplah kustanya. Yesus melarang orang itu memberitahukan hal ini kepada siapa pun juga, dan Ia berkata, “Pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam, dan persembahkanlah untuk pentahiranmu persembahan seperti yang diperintahkan Musa sebagai bukti bagi mereka.” Tetapi kabar tentang Yesus makin jauh tersiar, dan datanglah orang banyak berbondong-bondong kepadaNya untuk mendengar Dia dan untuk disembuhkan dari penyakit mereka. Akan tetapi Yesus mengundurkan diri ke tempat-tempat yang sunyi dan berdoa.




HARI SEBELUMNYA  |  INDEX  |  HARI BERIKUTNYA
(Teks bacaan diambil dari Buku Bacaan Misale Romawi Indonesia, terbitan Obor, Jakarta)


 
All stories by TIRTA WACANA Team except where otherwise noted. All rights reserved. | design: (c) aurelius pati soge