Jl. Kelapa Hijau - Bukit Indah Sukajadi - Batam 29642
SEARCH:

                 
  SVD Batam SOVERDIA (Awam SVD) Pelayanan Kitab Suci Pelayananan Internasional Liturgi dan Devosi Tirta Wacana  
 
Firman Tuhan untukku hari ini...
 
Betapa dalamnya Sabda Alkitabiah.
Semoga kita memperlakukannya dengan penghargaan yang tinggi (St. Arnoldus Janssen
)
 
  Yesus naik ke dalam sebuah perahu, yaitu perahu Simon, dan menyuruh dia supaya menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu IA duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu. Setelah selesai, Ia berkata kepada Simon, "Bertolaklah ke tempat yang lebih dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan." Simon menjawab, "Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga." (Luk 5:3-5)  
   
   
 
 
Juni 2014
  MASA BIASA PEKAN 13
   
Buktikan imanmu bukan dengan kata-kata tetapi dengan perbuatan nyata.

DIALOG antara Yesus dan Ahli Taurat ini bolehlah dilihat sebagai mujizat. Ahli Taurat itu seorang rabbi (guru), yang tahu baik tentang hukum Taurat dan tentu kitab-kitab para nabi. Namun ketika berhadapan dengan Yesus, ia menyapaNya denganpenuh hormat, “Guru, aku akan mengikuti Engkau kemana saja Engkau pergi.” Sebuah penghargaan yang tinggi dan keputusan yang berani, karena mengikuti Yesus berarti meninggalkan pola hidup nyaman, mengembara denganNya, yang bahkan tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala. Di mana letak rahasianya? Ketertarikan itu didasarkan pada kepribadian Yesus. Ia penuh kharisma, mengajar dengan penuh kuasa, seia sekata dalam kata dan perbuatan, menegakkan keadilan, membela yang lemah, berbelas kasih kepada orang berdosa yang bertobat, dan sebagainya.

Kepribadian Yesus yang menarik bersumber pada kesatuanNya dengan Bapa dan Roh Kudus, komunitas Tritunggal, yang menentukan bagaimana Yesus sebagai manusia hidup dan berkarya. Secara konsekuen Ia menerapkan semua rencana keselamatan, walaupun itu berarti Ia harus berhadapan dengan perlawanan. Kita ingat jawaban Yesus kepada murid-murid Yohanes Pembaptis, “Pergi dan katakanlah kepada Yohanes apa yang kamu dengar dan lihat” (Mat 11:4). Tak perlu ada jawaban ya atau tidak, tapi seluruh hidup dan karya Yesus itu sudah mengungkapkan kebenaran.

Inilah tugas besar umat Kristiani dalam karya pewartaan. Kotbah terbaik bukanlah kata-kata melainkan teladan hidup. Ada banyak orang yang menjadi anggota Gereja karena terkesan dengan kepribadian sejumlah orang Kristiani. Kita perlu memiliki kepribadian Kristiani yang terus berbicara tentang keselamatan. Namun untuk itu kita perlu membina keintiman dengan Tuhan dalam doa, refleksi Kitab Suci, pelayanan dan sebagainya. Jangan berhenti berusaha. (ap)

  1. Pernahkah ada orang yang ingin mencari Kristus karena ter-kesan dengan kepribadian anda?
  2. Apa yang perlu anda lakukan atau perbaiki agar bisa bersaksi dengan lebih baik tentang Yesus Kristus?

(c) bbss 2014 aurelius pati soge

REFLEKSI BULAN INI
Mg
Sn
Sl
Rb
Km
Jm
Sb
4 5 6
1
2
3 4 5
  Senin, 30 Juni 2014
 
 

DI ATAS BATU KARANG INI KUDIRIKAN JEMAATKU, DAN ALAM MAUT TIDAK AKAN MENGUASAINYA

   
   
   
 
Am 2:6-10.13-16 | Mzm 50:16bc-23 | Mat 8:18-22

 

Mereka menginjak-injak kepala orang lemah ke dalam debu (Am 2:6-10.13-16)

Beginilah sabda Tuhan, “ Karena tiga perbuatan jahat Israel, bahkan empat, Aku tidak akan menarik kembali keputusan-Ku. Sebab mereka telah menjual orang benar untuk mendapatkan uang, dan orang miskin karena sepasang kasut, Mereka menginjak-injak kepala orang lemah ke dalam debu dan membelokkan jalan orang sengsara. Anak dan ayah pergi menjamah perempuan muda yang sama, sehingga melanggar kekudusan nama-Ku, Mereka merebahkan diri disamping setiap mezbah di atas pakaian gadaian orang, dan minum anggur orang-orang yang kena denda di rumah Allah mereka. Padahal Akulah yang memusnahkan orang Amori dari depan mereka; orang-orang Amori yang tingginya seperti pohon aras dan kuat seperti pohon tarbantin. Akulah yang menuntun kalian keluar dari tanah Mesir, dan memimpin kalian empat puluh tahun lamanya di padang gurun, supaya kalian menduduki negeri orang Amori. Sesungguhnya Aku akan menguncangkan tempat kalian berpijak seperti goncangan kereta sarat dengan berkas gandum. Orang cepat tidak mungkin lagi melarikan diri, orang kuat tak dapat menggunakan kekuatannya,dan pahlawan tak dapat melarikan diri. Pemegang panah tak dapat bertahan, orang yang cepat kaki takkan terluput dan penunggang kuda tak dapat meluputkan diri. Juga orang yang berhari berani di antara para pahlawan akan melarikan diri dengan telanjang pada hari itu.”

Mazmur Tanggapan (Mzm 50:16bc-17.18-23; R: 22)

Ref: Camkanlah ini, hai kamu yang melupakan Allah.

  1. Apakah urusanmu menyelidiki ketetapan-Ku, dan menyebut-nyebut perjanjian-Ku dengan mulutmu, padahal engkau membenci teguran, dan mengesampingkan firman-Ku?
  2. Jika melihat pencuri, engkau berkawan dengan dia! Engkau bergaul dengan orang berzinah. Mulutmu kau biarkan mengucapkan yang jahat, dan pada lidahmu melekat tipu daya.
  3. Engkau duduk, dan menjelek-jelekkan saudaramu,Engkau memfitnah saudara kandungmu. Itulah yang engkau lakukan! Apakah Aku akan diam saja? Apakah kau kira Aku ini sederajat dengan kamu? Aku menggugat engkau dan ingin beperkara denganmu.
  4. Camkanlah ini, hai kamu yang melupakan Allah;waspadalah, jangan sampai Aku menerkam, dan tidak ada yang melepaskan. Siapa yang mempersembahkan syukur sebagai kurban, ia memuliakan Daku; dan siapa yang jujur jalannya, akan menyaksikan keselamatan yang dari Allah.
 

Ikutilah Aku! (Mat 8:18-22)

Pada suatu hari banyak orang mengerumuni Yesus. Melihat hal itu Yesus menyuruh bertolak ke seberang. Lalu datanglah seorang ahli Taurat dan berkata kepadaNya, “Guru, aku akan mengikuti Engkau kemana saja Engkau pergi.” Yesus berkata kepadanya, “Serigala mempunyai liang, dan burung mempunyai sarang, tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepalanya.” Seorang lain, yaitu salah seorang muridNya berkata kepadaNya, “Tuhan, izinkan aku pergi dahulu menguburkan ayahku.” Tetapi Yesus berkata kepadanya, “Ikutilah Aku, dan biarlah orang-orang mati menguburkan orang-orang mati mereka.”




HARI SEBELUMNYA  |  INDEX  |  HARI BERIKUTNYA
(Teks bacaan diambil dari Buku Bacaan Misale Romawi Indonesia, terbitan Obor, Jakarta)


 
All stories by TIRTA WACANA Team except where otherwise noted. All rights reserved. | design: (c) aurelius pati soge