Jl. Kelapa Hijau - Bukit Indah Sukajadi - Batam 29642
SEARCH:

                 
  SVD Batam SOVERDIA (Awam SVD) Pelayanan Kitab Suci Pelayananan Internasional Liturgi dan Devosi Tirta Wacana  
 
Firman Tuhan untukku hari ini...
 
Betapa dalamnya Sabda Alkitabiah.
Semoga kita memperlakukannya dengan penghargaan yang tinggi (St. Arnoldus Janssen
)
 
  Yesus naik ke dalam sebuah perahu, yaitu perahu Simon, dan menyuruh dia supaya menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu IA duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu. Setelah selesai, Ia berkata kepada Simon, "Bertolaklah ke tempat yang lebih dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan." Simon menjawab, "Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga." (Luk 5:3-5)  
   
   
 
 
Juli 2014
  MASA BIASA PEKAN 16
   
Tak ada bukti yang cukup kuat untuk mengubah pandangan orang fanatik

SELAMA masa kampanye menjelang pemilihan umum presiden, 9 Juli 2014, kita menyaksikan pertarungan dua kubu pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Joko Widodo - Jusuf Kala dan Prabowo Subianto - Hatta Rajasa. Selain persaingan sistematis dua tim sukses, ada juga persaingan di lingkungan masyarakat luas. Yang paling menarik adalah perdebatan di internet, baik di aneka situs berita maupun jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Saya mengamati, bahwa ternyata argumen yang logis dan ilmiah tidak mengubah sama sekali pandangan seseorang. Biar bukti-bukti begitu konkrit, banyak orang tidak berpikir untuk mengubah pandangannya. Dengan kata lain, fanatisme mendukung tokoh tertentu telah mengaburkan diskusi yang sehat untuk mendukung demokrasi.

Ketika orang-orang Farisi datang menemui Yesus untuk meminta tanda, apakah mereka memang berniat baik untuk melihat hakekat pewartaan Yesus? Sama sekali tidak! Mereka hanya mencari alasan untuk melawan Yesus. Tanda seistimewa apapun yang dilakukan Yesus tidak akan mengubah mind-set mereka. Bagi Yesus, dialog seperti ini sama sekali tak berguna. Ia memilih untuk merujuk ke peritiwa Yunus yang menobatkan orang-orang Niniwe sehingga mereka terbebas dari kehancuran karena kutuk Allah atas mereka. Jika mereka yang mengimani kitab para nabi tidak dapat diingatkan dengan pengalaman para nabi, Yesus tidak melihat ada peluang pertobatan mereka kalau Ia membuat sebuah tanda baru.

Bersifat fanatik sama sekali tidak mencerminkan kedalaman spiritual seseorang. Sebaliknya fanatisme menggambarkan kepicikan kepribadian pelakunya. Kita wajib memperkuat iman kepada Kristus tetapi tak boleh membina fanatisme, karena hanya menimbulkan luka dalam relasi sosial dengan sesama. Padahal, dengan orang-orang yang tidak percaya kepada Kristus, jembatan komunikasi kita ialah kemanusiaan. Binalah iman yang kokoh dan imbangi dengan penghormatan terhadap sesama secara tulus dan wajar. (ap)

  1. Apa kasus yang anda temukan dalam hidup yang menggambarkan fanatisme iman seseorang ?
  2. Adakah peluang bagi anda untuk menebarkan pesan kasih Tuhan kepada mereka?

(c) 2014 aurelius pati soge

REFLEKSI BULAN INI
Mg
Sn
Sl
Rb
Km
Jm
Sb
1
2
2 3 4
31 1 2
  Senin, 21 Juli 2014
 
 

KETIKA WAKTU MENUAI TIBA,
KUMPULKANLAH GANDUM ITU DAN BAWALAH KE DALAM LUMBUNGKU

   
   
   
 
Mi 6:1-4.6-8 | Mzm 50:5-6.8-9.16bc.17.21.23 | Mat 12:38-42

 

Hai manusia, telah diberitahukan kepadamu, apa yang dituntut Tuhan daripadamu (Mi 6:1-4.6-8)

Dengarkanlah sabda yang diucapkan Tuhan, “ Bangkitlah, lancarkanlah pengaduan di depan gunung-gunung, dan biarlah bukit-bukit mendengar suaramu. Dengarlah, hai gunung-gunung, pengaduan Tuhan, dan pasanglah telinga, hai dasar-dasar bumi! Sebab Tuhan mempunyai pengaduan terhadap umat-Nya, dan Ia beperkara dengan Israel. Umat-Ku, apakah yang telah Kulakukan terhadapmu? Dengan apakah engkau telah Kususahkan? Jawablah Aku! Sebab Aku telah menuntun engkau keluar dari Mesir dan telah membebaskan dikau dari rumah perbudakan dan telah mengutus Musa, Harun serta Miryam sebagai penganjurmu?” dengan apa aku akan pergi menghadap Tuhan? Dengan apa aku pergi menyembah Allah di tempat tinggi? Dapatkah aku menghadap Dia dengan membawa korban bakaran, anak lembu berumur setahun? Berkenankah Tuhan akan ribuan domba jantan, akan puluhan ribu curahan minyak? Apakah aku akan mempersembahkan anak sulungku karena pelanggaranku? Akan kupersembahkan buah kandunganku karena dosaku sendiri. Hai manusia, telah diberitahukan kepadamu apa yang baik. Apa yang dituntut Tuhan daripadamu? Tak lain dan tak bukan ialah berlaku adil, mencintai kesetiaan, dan hidup dengan rendah hati di hadapan Allahmu.”

Mazmur Tanggapan (Mzm 50:5-6.8-9.16bc.17.21.23; R: 23b)

Ref: Siapa yang jujur jalannya, akan menyaksikan keselamatan yang dari Allah.

  1. “Bawalah ke mari orang-orang yang Kukasihi, yang mengikat perjanjian dengan Daku,perjanjian yang dikukuhkan dengan kurban sembelihan!” Maka langit memberitakan keadilan-Nya: Allah sendirilah Hakim!
  2. Bukan karena kurban sembelihan engkau Kuhukum, sebab kurban bakaranmu senantiasa ada di hadapan-Ku! Tidak usah Aku mengambil lembu dari rumahmu atau kambing jantan dari kandangmu!
  3. “Apakah urusanmu menyelidiki ketetapan-Ku, dan menyebut-nyebut perjanjian-Ku dengan mulutmu,padahal engkau membenci teguran, dan mengesampingkan firman-Ku
  4. Itulah yang engkau lakukan! Apakah Aku akan diam saja? Apaka kau kira Aku ini sederajat dengan kamu? Aku menggugat engkau dan ingin beperkara denganmu. Siapa yang mempersembahkan syukur sebagai kurban, ia memuliakan Daku;dan siapa yang jujur jalannya, akan menyaksikan keselamatan yang dari Allah.”
 

Pada waktu penghakiman ratu dari selatan akan bangkit bersama angkatan ini (Mat 12:38-42)

Sekali peristiwa beberapa ahli dan orang Farisi berkata kepada Yesus, “Guru, kami ingin melihat suatu tanda dari pada-Mu.” Jawab Yesus kepada mereka, “Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda Nabi Yunus. Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian pula Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam. Pada waktu penghakiman orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan menghukumnya juga. Sebab orang-orang Niniwe bertobat setelah mendengar pemberitaan Yunus; dan sungguh, yang ada di sini lebih daripada Yunus! Pada waktu penghakiman ratu dari selatan akan bangkit bersama angkatan ini dan ia akan menghukumnya juga. Sebab ratu itu datang dari ujung bumi untuk mendengar hikmat Salomo, dan sungguh, yang ada di sini lebih daripada Salomo!”




HARI SEBELUMNYA  |  INDEX  |  HARI BERIKUTNYA
(Teks bacaan diambil dari Buku Bacaan Misale Romawi Indonesia, terbitan Obor, Jakarta)
 


 
All stories by TIRTA WACANA Team except where otherwise noted. All rights reserved. | design: (c) aurelius pati soge