Jl. Kelapa Hijau - Bukit Indah Sukajadi - Batam 29642
SEARCH:

                 
  SVD Batam SOVERDIA (Awam SVD) Pelayanan Kitab Suci Pelayananan Internasional Liturgi dan Devosi Tirta Wacana  
 
Firman Tuhan untukku hari ini...
 
Betapa dalamnya Sabda Alkitabiah.
Semoga kita memperlakukannya dengan penghargaan yang tinggi (St. Arnoldus Janssen
)
 
  Yesus naik ke dalam sebuah perahu, yaitu perahu Simon, dan menyuruh dia supaya menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu IA duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu. Setelah selesai, Ia berkata kepada Simon, "Bertolaklah ke tempat yang lebih dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan." Simon menjawab, "Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga." (Luk 5:3-5)  
   
   
 
 
Desember 2014
  MASA ADVEN PEKAN 1
   
Jangan menyia-nyiakan karunia Tuhan yang dicurahkan ke atas diriMu, karena Ia mengasihimu

KEBANYAKAN negara membuat kebijakan sosial, politik, ekonomi dan sebagainya, yang mengutamakan pada warganya. Pemerintah Jepang, misalnya, menetapkan, bahwa hasil produksi pertanian dalam negeri seperti beras dan teh, kualitas nomor satu, tidak boleh diekspor tapi dipergunakan untuk orang-orang Jepang. Sementara bahan-bahan impor, mereka siap membayar mahal untuk mendapat barang kualitas nomor satu juga. Prinsip yang dipegang ialah, warga negara Jepang harus mempergunakan hasil-hasil kelas satu, karena itu sangat menunjang pertumbuhan, baik fisik maupun mental, yang akan menghasilkan manusia-manusia berkualitas tinggi dan sanggup berkompetisi di kancah persaingan dunia.

Ketika Tuhan mewujudkan rencana keselamatanNya, ia memilih turunan Abraham sebagai model bagi bangsa-bangsa. Dalam banyak hal Tuhan mengutamakan mereka. Para bapa bangsa, nabi dan Mesias berasal dari keturunan bangsa ini. Namun pilihan yang mengutamakan bangsa ini tidak membuat mereka bertumbuh sesuai dengan kehendak Allah. Perwira Romawi di Kapernaum itu terbukti lebih beriman dari orang-orang Israel pada umumnya. Maka Yesus mengingatkan mereka, bahwa jika mereka tidak membaharui diri, hak-hak utama mereka disingkirkan, sementara berbagai bangsa akan masuk ke dalam Kerajaan Surga.

Peringatan Yesus secara langsung menuju ke umat pilihan masa kini, yakni Gereja Tuhan. Walaupun kita sudah memiliki Kristus, tetapi jika kita tidak setia pada "Jalan, Kebenaran dan Hidup" ini, kita pun akan bernasib sama seperti orang Israel. Ingatlah selalu, bahwa karunia rahmat tidak eksklusip milik kita, melainkan terbuka bagi semua yang percaya pada Tuhan. (ap)

  1. Sadarkah anda seberapa tinggi kualitas iman anda?
  2. Sejauh mana anda melihat peringatan Kristus ini menjadi pendorong pembaharuan diri anda?

(c) 2014 aurelius pati soge

REFLEKSI BULAN INI
Mg
Sn
Sl
Rb
Km
Jm
Sb
30 1 2 3 4 5
28 29 30 31 1 2 3
  Senin, 1 Desember 2014
advent candle 2014
 
Beato Dionisius dan Redemptus, martir di Aceh
 

BERJAGA-JAGALAH, SUPAYA KALAU TUANMU TIBA-TIBA DATANG, JANGAN SAMPAI KAMU DIDAPATINYA SEDANG TIDUR

   
   
   
 
Yes 2:1-5 | Mzm 122:1-9 | Mat 8:5-11

 

Tuhan menghimpun semua bangsa dalam kerajaan damai abadi Allah (Yes 2:1-5)

Inilah firman yang dinyatakan kepada Yesaya, putera Amos, tentang Yehuda dan Yerusalem, “Pada hari-hari yang terakhir akan terjadilah hal-hal ini: Gunung tempat rumah Tuhan akan berdiri tegak di atas gunung-gunung dan menjulang tinggi di atas bukit-bukit. Segala bangsa akan berduyun-duyun ke sana dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata, ‘Mari kita naik ke gunung Tuhan, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalanNya, dan supaya kita berjalan menempuh jalan itu. Sebab dari Sion akan keluar pengajaran, dan dari Yerusalem akan keluar sabda Tuhan.’ Tuhan akan menjadi hakim antara bangsa-bangsa dan akan menjadi wasit bagi banyak suku bangsa. Maka mereka akan menempa pedangnya menjadi mata bajak dan tombak-tombaknya menjadi pisau pemangkas. Bangsa yang satu tidak akan lagi mengangkat pedang terhadap bangsa yang lain, dan mereka tidak akan lagi berlatih perang. Hai kaum keturunan Yakub, mari kita berjalan di dalam terang Tuhan.”

Mazmur Tanggapan (Mzm 122:1-9; R: 1)

Ref: Aku bersukacita, ketika orang berkata kepadaku, “Mari kita pergi ke rumah Tuhan!”

  1. Aku bersukacita, ketika orang berkata kepadaku, “Mari kita pergi ke rumah Tuhan.” Sekarang kaki kami berdiri di pintu gerbangmu, hai Yerusalem.
  2. Hai Yerusalem, yang telah didirikan sebagai kota yang bersambung rapat, kepadamu suku-suku berziarah yakni suku-suku Tuhan.
  3. Untuk bersyukur kepada nama Tuhan sesuai dengan peraturan bagi Israel. Sebab di Yerusalem lah ditaruh kursi-kursi pengadilan, kursi-kursi milik keluarga Raja Daud.
  4. Berdoalah untuk kesejahteraan Yerusalem: “Biarkanlah orang-orang yang mencintaimu mendapatkan kesentosaan. Biarlah kesejahteraan ada di lingkungan tembokmu, dan kesentosaan di dalam purimu!”
  5. Oleh karena saudara-saudara dan teman-temanku, aku hendak mengucapkan, “Semoga kesejahteraan ada di dalammu!” Oleh karena rumah Tuhan, Allah kita, aku hendak mencari kebaikan bagimu.
 

Banyak orang akan datang dari Timur dan Barat masuk Kerajaan Surga (Mat 8:5-11)

Pada waktu itu Yesus masuk ke kota Kapernaum. Maka datanglah seorang perwira mendapatkan Dia dan mohon kepadaNya, “Tuan, hambaku terbaring di rumah karena sakit lumpuh, dan ia sangat menderita.” Yesus berkata kepadanya, “Aku akan datang menyembuhkannya.” Tetapi perwira itu menjawab, “Tuan, aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku. Katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh. Sebab aku sendiri seorang bawahan, dan di bawahku ada pula prajurit. Jika aku berkata pada salah seorang prajurit itu , ‘Pergi!’ maka ia pergi; dan kepada seorang lagi, ‘Datang!’ maka ia datang; ataupun kepada hambaku, ‘Kerjakanlah ini!’ maka ia mengerjakannya.”
Mendengar hal itu heranlah Yesus. Maka Ia berkata kepada mereka yang mengikutiNya, “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Kujumpai pada seorang pun di antara orang Israel. Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan datang dari Timur dan Barat, dan duduk makan bersama dengan Abraham, Ishak dan Yakub di dalam Kerajaan Surga.”




HARI SEBELUMNYA  |  INDEX  |  HARI BERIKUTNYA
(Teks bacaan diambil dari Buku Bacaan Misale Romawi Indonesia, terbitan Obor, Jakarta)
 


 
All stories by TIRTA WACANA Team except where otherwise noted. All rights reserved. | design: (c) aurelius pati soge