Jl. Kelapa Hijau - Bukit Indah Sukajadi - Batam 29642
SEARCH:

                 
  SVD Batam SOVERDIA (Awam SVD) Pelayanan Kitab Suci Pelayananan Internasional Liturgi dan Devosi Tirta Wacana  
 
Firman Tuhan untukku hari ini...
 
Betapa dalamnya Sabda Alkitabiah.
Semoga kita memperlakukannya dengan penghargaan yang tinggi (St. Arnoldus Janssen
)
 
  Yesus naik ke dalam sebuah perahu, yaitu perahu Simon, dan menyuruh dia supaya menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu IA duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu. Setelah selesai, Ia berkata kepada Simon, "Bertolaklah ke tempat yang lebih dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan." Simon menjawab, "Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga." (Luk 5:3-5)  
   
   
 
 
Desember 2014
  MASA ADVEN PEKAN 3
   
Utusan itu dipersiapkan secara khusus untuk mendahului kedatangan Sang Mesias

BAGI ORANG khusus yang ditetapkan Tuhan untuk karya besar dalam seluruh rencana keselamatanNya, dipilih juga utusan khusus untuk mendahului kedatangannya. Bagi Yesus, Sang Mesias, dipilih seorang bentara yang juga secara khusus dihadirkan Tuhan ke dalam hidup manusia. Itulah Yohanes, putera Zakaria dan Elisabet. Ia menjadi istimewa karena dipersiapkan menjadi utusan yang mewartakan pemenuhan Kerajaan Allah oleh Yesus Kristus. Yang istimewa pada Yohanes ialah kehadirannya menjembatani beberapa hal. Pertama, menghapus aib ibunya sebagai orang mandul. Kedua, mengoreksi iman Zakaria yang ragu pada penyelenggaraan Tuhan. Ketiga, menyiapkan hati banyak orang untuk pemenuhan keselamatan oleh Yesus. Adakah dengan itu ia menjadi luar biasa? Tidak! Yohanes berkata, “Ia harus makin besar tetapi aku harus semakin kecil” (Yoh 3:30).

Sebagai orang beriman, kita telah ditetapkan Tuhan untuk menjadi utusan yang mewartakan keselamatan yang diwujudkan oleh Yesus Kristus. Dengan kata lain, kita menjadi bentara Tuhan sendiri. Menyadari peranan yang kita miliki ini, pertanyaan mendasar yang perlu diangkat ialah, sejauh mana kita sudah istimewa seperti Yohanes? Seperti Yohanes, kehadiran kita hendaknya dipenuh oleh kebajikan, sehingga membantu memulihkan aib umat beriman yang ternoda oleh dosa. Kedua, kehadiran kita hendaknya membantu orang agar imannya yang salah dikoreksi dan diarahkan ke jalan yang benar. Dan akhirnya, ketiga, kita mempersiapkan banyak orang untuk menerima pemenuhan keselamatan dalam diri Kristus.

Dengan peranan itu, apakah kita orang istimewa? YA! Mengapa? Karena kita telah dikandung oleh rahim Bunda Gereja, diselamatkan oleh Yesus Kristus, dan ditetapkan menjadi utusanNya. Bukankah peranan ini tak dapat dibandingkan dengan kemegahan dunia? (ap)

  1. Sadarkah anda akan keistimewaan diri anda?
  2. Apa yang dapat anda lakukan untuk menanggapi cinta Tuhan?

(c) bbss 2014 aurelius pati soge

REFLEKSI BULAN INI
Mg
Sn
Sl
Rb
Km
Jm
Sb
30 1 2 3 4 5
28 29 30 31 1 2 3
  Jumat, 19 Desember 2014
advent candle 2014
 
 

IA DATANG MEMBERI KESAKSIAN TENTANG TERANG, SUPAYA OLEH DIA SEMUA ORANG MENJADI PERCAYA

   
   
   
 
Hak 13:2-7.24-25a | Mzm 71:3-4a.5-6b.16-17 | Luk 1:5-25

 

Kelahiran Simson diberitahukan oleh malaikat (Hak 13:2-7.24-25a)

Pada waktu itu hiduplah seorang dari kota Zora, dari keturunan Dan, namanya Manoah. Isterinya mandul, tidak beranak. Sekali peristiwa malaikat Tuhan menampakkan diri kepada perempuan itu dan berfirman kepadanya, “Memang engkau mandul, tidak beranak! Tetapi engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki. Oleh sebab itu, peliharalah dirimu, jangan minum anggur atau minuman yang memabukkan, dan jangan makan sesuatu yang haram. Sebab engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki. Kepalanya takkan kena pisau cukur, sebab sejak dari kandungan ibunya anak itu akan menjadi nazir Allah, dan lewat dia akan mulailah penyelamatan orang Israel dari tangan orang Filistin.”
Kemudian perempuan itu datang kepada suaminya dan berkata, “Telah datang kepadaku seorang abdi Allah, yang rupanya seperti rupa malaikat Allah, amat menakutkan. Tidak kutanyakan dari mana datangnya, dan tidak juga diberitahukannya namanya kepadaku. Tetapi ia berkata kepadaku: Engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki; oleh sebab itu janganlah minum anggur atau minuman yang memabukkan, dan janganlah makan sesuatu yang haram, sebab sejak dari kandungan ibunya sampai pada hari matinya, anak itu akan menjadi seorang nazir Allah.”
Lalu perempuan itu melahirkan seorang anak laki-laki, dan diberinya nama Simson. Anak itu menjadi besar dan Tuhan memberkati dia. Mulailah hatinya digerakkan oleh Roh Tuhan.

Mazmur Tanggapan (Mzm 71: 3-4a.5-6b.16-17; R: lh. 8ab)

Ref: Mulutku penuh dengan puji- pujian untuk mengidungkan kemuliaan-Mu.

  1. Jadilah bagiku Gunung Batu tempat berteduh, kubu pertahanan untuk menyelamatkan diri; sebab Engkaulah bukit batu dan pertahananku. Ya Allahku, luputkanlah aku dari tangan orang fasik.
  2. Sebab Engkaulah harapanku, ya Tuhan, Engkaulah kepercayaanku sejak masa muda, ya Allah. Kepada-Mulah aku bertopang mulai dari kandungan, Engkaulah yang telah mengeluarkan aku dari perut ibuku.
  3. Aku datang dengan keperkasaan Tuhan Allah, hendak memasyurkan hanya keadilan-Mu saja! Ya, Allah, Engkau telah mengajar aku sejak kecilku, dan sampai sekarang aku memberitakan perbuatan-Mu yang ajaib.
 

Kelahiran Yohanes Pembaptis diberitahukan oleh Gabriel (Luk 1:5-25)

Di zaman Herodes, raja Yudea, hiduplah seorang imam bernama Zakaria, dari kalangan imam Abia. Isterinya juga berasal dari keturunan Harun, namanya Elisabet. Keduanya hidup benar di hadapan Allah, dan hidup menurut segala perintah serta ketetapan dengan tidak bercacat. Tetapi mereka tidak mempunyai anak, sebab Elisabet itu mandul, dan keduanya telah lanjut usia. Sekali peristiwa, waktu tiba giliran kelompoknya, Zakaria melakukan tugas sebagai imam di hadapan Allah. Sebab ketika diundi, sebagaimana lazimnya untuk menentukan imam yang bertugas, dialah yang ditunjuk untuk masuk ke dalam Bait Allah dan membakar ukupan di situ. Pada saat pembakaran ukupan itu seluruh umat berkumpul di luar dan sembahyang. Maka tampaklah kepada Zakharia  seorang malaikat Tuhan berdiri di sebelah kanan mezbah pembakaran ukupan.
Melihat kejadian itu Zakharia terkejut dan menjadi takut. Tetapi malaikat itu berkata kepadanya,”Jangan takut, hai Zakharia, sebab doamu  dikabulkan. Elisabet, isterimu, akan melahirkan seroang anak laki-laki bagimu, dan haruslah engkau menamai dia Yohanes. Engkau akan bersukacita dan bergembira, bahkan banyak orang akan bersukacita atas kelahirannya. Sebab ia akan besar di hadapan Tuhan, dan ia tidak akan minum anggur atau minuman keras; ia akan penuh dengan Roh Kudus mulai dari rahim ibunya; ia akan membuat banyak orang Israel berbalik kepada Tuhan, Allah mereka, dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati para bapa berbalik kepada anak-anaknya, dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar Dengan demikian ia menyiapkan suatu umat yang layak bagi Tuhan.”
Lalu kata Zakharia kepada malaikat itu, ‘Bagimanakah aku tahu bahwa hal ini akan terjadi? Sebab aku sudah tua, dan isteriku pun sudah lanjut umurnya.” Jawab malaikat itu kepadanya, “Akulah Gabriel yang melayani Allah. Aku telah diutus untuk berbicara dengan engkau dan untuk menyampaikan kabar baik ini kepadamu. Sesungguhnya, engkau akan menjadi bisu dan tidak dapat berkata-kata sampai pada hari semuanya ini terjadi, karena engkau tidak percaya akan perkataanku yang pada waktunya akan terbukti kebenarannya.” Sementara itu orang banyak menanti-nantikan Zakharia. Mereka begitu heran bahwa ia begitu lama berada dalam Bait Suci. Ketika ia keluar dan tidak dapat berkata-kata kepada mereka, mengertilah mereka bahwa ia telah melihat suatu penglihatan di dalam Bait suci. Lalu zakharia memberi isyarat kepada mereka, sebab ia tetap bisu.
Ketika selesai masa tugasnya, ia pulang ke rumah. Tak lama kemudian mengandunglah Elisabet, isterinya, dan selama lima bulan ia tidak menampakkan diri. Katanya, ”Inilah suatu perbuatan Tuhan bagiku! Sekarang Ia berkenan menghapus aibku di depan orang.”




HARI SEBELUMNYA  |  INDEX  |  HARI BERIKUTNYA
(Teks bacaan diambil dari Buku Bacaan Misale Romawi Indonesia, terbitan Obor, Jakarta)
 


 
All stories by TIRTA WACANA Team except where otherwise noted. All rights reserved. | design: (c) aurelius pati soge