Jl. Kelapa Hijau - Bukit Indah Sukajadi - Batam 29642
SEARCH:

                 
  SVD Batam SOVERDIA (Awam SVD) Pelayanan Kitab Suci Pelayananan Internasional Liturgi dan Devosi Tirta Wacana  
 
Firman Tuhan untukku hari ini...
 
Betapa dalamnya Sabda Alkitabiah.
Semoga kita memperlakukannya dengan penghargaan yang tinggi (St. Arnoldus Janssen
)
 
  Yesus naik ke dalam sebuah perahu, yaitu perahu Simon, dan menyuruh dia supaya menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu IA duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu. Setelah selesai, Ia berkata kepada Simon, "Bertolaklah ke tempat yang lebih dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan." Simon menjawab, "Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga." (Luk 5:3-5)  
   
   
 
 
Desember 2014
  MASA NATAL
   
Tetaplah waspada di tengah sukacita, karena di balik itu selalu ada salib yang perlu diwartakan

DARI ANTARA semua deskripsi tentang Yohanes, yang paling mengesankan saya adalah deskripsi yang dibuatnya sendiri. “Dialah murid, yang memberi kesaksian tentang semuanya ini dan yang telah menulis- kannya dan kita tahu, bahwa kesaksiannya itu benar” (Yoh 21:24). Pengalaman yang paling mengesankan ialah menjadi saksi kubur kosong yang membuktikan adanya kebangkitan. “Maka masuklah juga murid yang lain, yang lebih dahulu sampai di kubur itu; ia melihatnya dan percaya” (Yoh 20:8). Kepercayaan inilah yang memungkinkan dia memiliki relasi khusus dengan pribadi Ilahi, yang kemudian memberinya karunia visi apokaliptik yang tertera dalam Kitab Wahyu (bdk. Why 1:9-10).

Yohanes pribadi yang kompleks. Bersama saudaranya Yakobus, ia berambisi untuk berkuasa (Mrk 10:37) yang juga ternyata didukung oleh ibu mereka (Mat 20:21). Yohanes selalu masuk dalam bilangan tiga rasul yang sering menyertai Yesus dalam kesempatan khusus, teristimewa pada saat Ia berubah rupa (Mat 17:1) dan dalam penderitaan Getzemani (Mt 26:37). Puncaknya ialah, Ia satu-satunya murid yang menyaksikan penderitaan salib Yesus bersama Maria, Bunda Yesus dan beberapa perempuan lain (Yoh 19:25-27). Semua pengalaman ini membentuknya menjadi pribadi mistik dengan kekayaan spiritual yang khas. Kekayaan inilah yang hendak kita pelajari untuk memperkuat diri kita.

Pada pesta St. Yohanes Rasul dan Penulis Injil, mari kita berdoa bagi umat beriman, agar menghargai hidup rohani, mengembangkan dengan serius agar menjadi sumbangan bagi masyarakat dunia yang semakin tidak mempedulikan Tuhan. (ap)

  1. Sejauh mana anda serius mengembangkan kerohanian anda dan menjadikannya pedoman hidup sehari-hari?
  2. Pelajarilah kisah hidup Yohanes dan renungkanlah.

(c) bbss 2014 aurelius pati soge


st john
REFLEKSI BULAN INI
Mg
Sn
Sl
Rb
Km
Jm
Sb
30 1 2 3 4 5
28 29 30 31 1 2 3
  Sabtu, 27 Desember 2014
christmas2014
 
Pesta St. Yohanes, rasul dan penulis Injil
 

FIRMAN ITU TELAH MENJADI MANUSIA
DAN TINGGAL DI ANTARA KITA

   
   
   
 
1 Yoh 1:1-4 | Mzm 97:1-2.5-6.11-12 | Yoh 20:2-8

 

Apa yang telah kami lihat dan kami dengar, itulah yang kami tuliskan kepada kamu (1 Yoh 1:1-4)

Saudara-saudara terkasih, apa yang telah ada sejak semula, yang telah kami dengar dan kami lihat dengan mata kami, yang telah kami saksikan dan kami raba dengan tangan kami, yaitu Firman hidup, itulah yang kami tuliskan kepada kamu. Hidup telah dinyatakan dan kami telah melihatnya! Dan sekarang kami bersaksi serta memberitakan kepada kamu tentang hidup kekal, yang ada bersama-sama dengan Bapa, dan yang telah dinyatakan kepada kami. Apa yang telah kami lihat dan kami dengar itu, kami beritakan kepada kamu juga, supaya kamu pun beroleh persekutuan dengan kami. Dan persekutuan kami adalah persekutuan dengan Bapa dan dengan AnakNya, yakni Yesus Kristus. Semuanya ini kami tuliskan kepada kamu, supaya sukacita kami menjadi sempurna.

Mazmur Tanggapan (Mzm 97:1-2.5-6.11-12; R: 12a)

Ref: Bersukacitalah karena Tuhan, hai orang-orang benar.

  1. Tuhan adalah Raja, biarlah bumi bersorak-sorai, biarlah banyak pulau bersukacita. Awan dan kekelaman ada di sekelilingNya, keadilan dan hukum adalah tumpuan takhtaNya.
  2. Gunung-gunung luluh laksana lilin di hadapan Tuhan, di hadapan Tuhan semesta alam. Langit memberitakan keadilanNya dan segala bangsa melihat kemuliaanNya.
  3. Terang sudah terbit bagi orang benar, dan sukacita bagi orang-orang yang tulus hati. Bersukacitalah karena Tuhan, hai orang-orang benar, dan nyanyikanlah syukur bagi namaNya yang kudus.
 

Murid yang lain itu berlari lebih cepat daripada Petrus sehingga lebih dahulu sampai di kubur (Yoh 20:2-8)

Pada hari Minggu Paskah, setelah mendapati makam Yesus kosong, Maria Magdalena berlari-lari mendapatkan Simon Petrus dan murid yang lain yang dikasihi Yesus. Ia berkata kepada mereka, “Tuhan telah diambil orang dari kuburnya, dan kami tidak tahu di mana Ia diletakkan.”
Maka berangkatlah Petrus dan murid yang lain itu ke kubur. Keduanya berlari bersama-sama, tetapi murid yang lain itu berlari lebih cepat daripada Petrus, sehingga ia lebih dahulu sampai di kubur. Ia menjenguk ke dalam, dan melihat kain kapan terletak di tanah; tetapi ia tidak masuk ke dalam. Maka tibalah Simon menyusul dia, dan masuk ke dalam kubur itu. Ia melihat kain kapan terletak di tanah, sedang kain peluh yang tadinya ada di kepala Yesus tidak terletak dekat kain kapan itu, tetapi agak di samping di tempat yang lain, dan sudah tergulung. Maka masuklah juga murid yang lain, yang lebih dahulu sampai di kubur itu; ia melihatnya dan percaya.

 



HARI SEBELUMNYA  |  INDEX  |  HARI BERIKUTNYA
(Teks bacaan diambil dari Buku Bacaan Misale Romawi Indonesia, terbitan Obor, Jakarta)
 


 
All stories by TIRTA WACANA Team except where otherwise noted. All rights reserved. | design: (c) aurelius pati soge