Jl. Kelapa Hijau - Bukit Indah Sukajadi - Batam 29642
SEARCH:

                 
  SVD Batam SOVERDIA (Awam SVD) Pelayanan Kitab Suci Pelayananan Internasional Liturgi dan Devosi Tirta Wacana  
         
Firman Tuhan untukku hari ini...
 
Betapa dalamnya Sabda Alkitabiah.
Semoga kita memperlakukannya dengan penghargaan yang tinggi (St. Arnoldus Janssen
)
 
  Yesus naik ke dalam sebuah perahu, yaitu perahu Simon, dan menyuruh dia supaya menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu IA duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu. Setelah selesai, Ia berkata kepada Simon, "Bertolaklah ke tempat yang lebih dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan." Simon menjawab, "Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga." (Luk 5:3-5)  
   
   
 
 
Oktober 2015
  MASA BIASA PEKAN 27
   

Jangan Berhenti Pada Rasa Kagum

BERKALI-KALI sudah saya membimbing retret, rekoleksi atau ceramah- ceramah bertema spiritualitas untuk berbagai kalangan. Tidak semuanya membawa buah positip, tetapi tidak kurang juga pengalaman, bagaimana orang merasa tersentuh dengan apa yang disampaikan, mengungkapkan penghargaannya, rasa kagum, dan aneka bentuk apresiatip lainnya. Tentu saja di dalam hati tumbuh rasa bangga dan gembira, karena apa yang telah saya siapkan tidak sia-sia, dan bahwa ada orang yang dengan jujur meng- akui kualitas diriku. Walaupun demikian, bukan itu yang paling aku harap- kan, melainkan apakah orang tersebut akan menerapkan pembaharuan dirinya di dalam hidupnya sesudah itu. Kekaguman tanpa implementasi tak lebih daripada gerak emosi sesaat, yang akan segera lenyap bersama munculnya tantangan dan perubahan yang menyertainya.

Perempuan itu menyerukan rasa kagum pada Yesus, dengan mengatakan, bahwa ibu yang mengandung dan melahirkanNya sangat bahagia atas penampilan Yesus. Namun Yesus menyadari hakekat perutusanNya, yakni salib dan kebangkitan. Orang yang kagum dengan Yesus saat ini belum tentu tetap tegak memikul salibnya di dalam masa pencobaan. Maka Yesus mengoreksinya, bahwa yang berbahagia adalah mereka yang men- dengarkan Sabda Allah dan memeliharanya, yakni menanamkannya dalam hati dan mewujudkannya dalam relasi dan komunikasi dengan sesama, termasuk di dalam pelayanan dan tantangan yang menuntut keteguhan berpegang pada salib Kristus.

Ada orang beriman yang mengenal Kristus karena bertolak dari kekaguman pada hal tertentu, seperti liturgi yang indah, penampilan imam yang baik, persekutuan umat yang penuh persaudaran, dan sebagainya. Namun rasa kagum saja tidak menyelamatkan. Kita mesti melangkah lebih jauh untuk memahami makna iman, tujuannya, dan konsekuensinya atas hidup. Yesus sendiri mengatakan, bahwa sebagaimana Ia ditolak, demikian para murid akan ditolak. Penolakan itu bisa berarti diabaikan, tetapi juga bisa berarti penganiayaan dan penderitaan. Menghadapi konsekuensi iman seperti ini, rasa kagum saja tidak cukup. Orang harus menumbuhkan daya-daya batin yang akan membuatnya teguh berpegang pada salib dan misinya, apapun yang terjadi. (ap)

  1. Apa yang membuat anda kagum dari iman Kristiani?
  2. Apa daya batin yang anda tumbuhkan untuk memikul salib?

(c) 2015 aurelius pati soge

REFLEKSI BULAN INI
Mg
Sn
Sl
Rb
Km
Jm
Sb
27 28 29 30 1 2
25 26 27 28 29 30 31
  Sabtu, 10 Oktober 2015
     
 

BIARKANLAH ANAK-ANAK DATANG KEPADAKU, SEBAB ORANG SEPERTI MEREKALAH YANG MEMILIKI KERAJAAN ALLAH

   
   
   
 
Yl 3:12-21 | Mzm 97:1-2.5-6.11-12 | Luk 11:27-28

 

Ayunkanlah sabit, sebab sudah masaklah tuaian (Yl 3:12-21)

Hendaklah bangsa-bangsa bergerak dan maju ke lembah Yosafat, sebab di sana Aku akan duduk untuk menghakimi segala bangsa dari segenap penjuru. Ayunkanlah sabit, sebab sudah masaklah tuaian. Marilah, iriklah, sebab tempat anggur sudah penuh; tempat-tempat pemerasan sudah berkelimpahan. Sebab banyaklah kejahatan mereka! Banyak orang, banyak orang di lembah penentuan! Ya, sudah dekatlah hari Tuhan di lembah penentuan! Matahari dan bulan menjadi gelap, dan bintang-bintang kehilangan cahayanya. Tuhan mengaum dari Sion, dari Yerusalem Ia memperdengarkan suara-Nya, dan langit serta bumi pun bergoncang. Tetapi Tuhan adalah tempat perlindungan bagi umat-Nya, dan benteng bagi orang Israel. Maka kalian akan mengetahui bahwa Aku, Tuhan, adalah Allahmu, yang tinggal di Sion, gunung-Ku yang kudus. Dan Yerusalem akan menjadi kudus,dan orang-orang luar takkan melintasinya lagi. Pada waktu itu akan terjadi bahwa gunung-gunung akan meniriskan anggur baru, bukit-bukit akan mengalirkan susu, dan segala sungai Yehuda akan mengalirkan air; mata air akan terbit dari rumah Tuhan dan akan membasahi lembah Sitim. Mesir akan menjadi sunyi sepi, dan Edom akan menjadi padang gurun tandus, oleh sebab kekerasan terhadap keturunan Yehuda, oleh karena mereka telah menumpahkan darah orang yang tak bersalah di tanahnya. Tetapi Yehuda tetap didiami untuk selama-lamanya, dan Yerusalem turun-tumurun. Aku akan membalas darah mereka yang belum Kubalas; Tuhan tetap diam di Sion.

Mazmur Tanggapan (Mzm 97:1-2.5-6.11-12; R: 12a)

Ref: Bersukacitalah dalam Tuhan, hai orang benar.

  1. Tuhan adalah Raja. Biarlah bumi bersorak-sorai, biarlah banyak pulau bersukacita!
  2. Gunung-gunung luluh laksana lilin di hadapan Tuhan, di hadapan Tuhan semesta alam. Langit memberitakan keadilan-Nya dan segala bangsa melihat kemuliaan-Nya.
  3. Terang sudah terbit bagi orang benar, dan sukacita bagi orang-orang yang tulus hati. Bersukacitalah karena Tuhan, hai orang-orang benar, dan nyanyikanlah syukur bagi nama-Nya yang kudus.
 

Berbahagialah ibu yang telah mengandung Engkau (Luk 11:27-28)

Pada suatu hari, ketika Yesus sedang berbicara kepada orang banyak, berserulah seorang wanita dari antara orang banyak itu, dan berkata kepada Yesus, “Berbahagilah ibu yang telah mengandung dan menyusui Engkau!” Tetapi Yesus bersabda, “Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan sabda Allah dan memeliharanya.”

 



HARI SEBELUMNYA  |  INDEX  |  HARI BERIKUTNYA
(Teks bacaan diambil dari Buku Bacaan Misale Romawi Indonesia, terbitan Obor, Jakarta)
 


 
All stories by TIRTA WACANA Team except where otherwise noted. All rights reserved. | design: (c) aurelius pati soge