Jl. Kelapa Hijau - Bukit Indah Sukajadi - Batam 29642
SEARCH:

                 
  SVD Batam SOVERDIA (Awam SVD) Pelayanan Kitab Suci Pelayananan Internasional Liturgi dan Devosi Tirta Wacana  
         
Firman Tuhan untukku hari ini...
 
Betapa dalamnya Sabda Alkitabiah.
Semoga kita memperlakukannya dengan penghargaan yang tinggi (St. Arnoldus Janssen
)
 
  Yesus naik ke dalam sebuah perahu, yaitu perahu Simon, dan menyuruh dia supaya menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu IA duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu. Setelah selesai, Ia berkata kepada Simon, "Bertolaklah ke tempat yang lebih dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan." Simon menjawab, "Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga." (Luk 5:3-5)  
   
   
 
 
Mei 2016
  MASA PASKAH PEKAN 6
 
REFLEKSI BULAN INI
Mg
Sn
Sl
Rb
Km
Jm
Sb
1 2 3 4 5 6
29 30 31 1 2 3 4
  Sabtu, 7 Mei 2016
   
 

AKU YANG MEMILIH DAN MENETAPKAN KAMU SUPAYA KAMU PERGI DAN MENGHASILKAN BANYAK BUAH

 
 
 
 
Kis 18:23-28 | Mzm 47:2-3.8-9.10 | Yoh 16:23b-28

Apolos membuktikan dari Kitab Suci, bahwa Yesus adalah Mesias (Kis 18:23-28)

Paulus meninggalkan Korintus dan kembali ke kota Antiokhia di Siria. Setelah beberapa hari lamanya tinggal di Antiokhia, ia berangkat, dan menjelajah seluruh tanah Galatia dan Frigia untuk meneguhkan hati semua murid. Sementara itu datanglah ke Efesus seorang Yahudi bernama Apolos, yang berasal dari Kota Aleksandria. Ia seorang yang fasih berbicara dan sangat mahir dalam soal-soal Kitab Suci. Ia telah menerima pengajaran dalam Jalan Tuhan. Dengan bersemangat ia berbicara dan dengan teliti ia mengajar tentang Yesus; tetapi ia hanya mengetahui Baptisan Yohanes. Ia mulai mengajar dengan berani di rumah Ibadat. Setelah Priskila dan Akwila mendengarnya, mereka membawa Apolos ke rumah mereka dan dengan teliti menjelaskan kepadanya Jalan Tuhan. Karena Apolos ingin menyeberang ke daerah Akhaya, saudara-saudara di Efesus mengirim surat kepada murid-murid di situ, supaya mereka menyambut dia. Setibanya di Akhaya, Apolos oleh kasih karunia Allah, menjadi seorang yang sangat berguna bagi orang-orang yang percaya. Sebab dengan tak jemu-jemunya ia membantah orang-orang Yahudi di muka umum dan membuktikan dari Kitab Suci bahwa Yesus adalah Mesias.

 

JOHN FUELLENBACH, seorang spiritualis dan ahli Kitab Suci dari Serikat Sabda Allah (SVD) menyebut Yesus sebagai "a man on fire with the Spirit" (Throw Fire. Manila: Logos Publications, 1998. p. 21). Sebagai pribadi yang dijiwai dan digerakkan oleh Roh, Yesus secara intensip berkomunikasi dengan Roh dan menghayati segenap karunia Roh. Sehingga Ia menjadi pembaharu yang didengar dan dikagumi oleh banyak orang, sekaligus dicemburui dan dilawan oleh pihak yang terganggu oleh pembaharuanNya itu. Namun karunia ini tidak hanya ada untuk diriNya, tetapi juga bagi utusan yang dipilihNya. Mereka pun dijiwai dan digerakkan oleh Roh, agar kesaksian mereka sungguh membawa pesan pembaharuan bagi banyak bangsa. Oleh Roh, jemaat hidup dan bermisi.

Jika kita mengamati buah-buah Roh itu, Apolos yang berkarya di Efesus merupakan contoh "the chosen man on fire with the Spirit." Keahliannya sebagai orator yang fasih berbicara memungkinkan dia mengajar Jalan Tuhan dalam lingkungan budaya Yunani yang menghargai filsafat. Iman berpadu dengan ilmu pengetahuan melahirkan sosok-sosok pewarta yang tangguh, yang sanggup menerjemahkan pesan keselamatan ke dalam konteks setempat. Dengan itu, semakin banyak orang bisa memahami kehendak Tuhan. Itulah sesungguhnya keinginan Yesus, ketika ia berbicara kepada para rasul pada dalam amanat perpisahanNya.

Sebagai manusia lemah, kita tidak selamanya terus menerus bersemangat tinggi di dalam pelayanan. Ada saatnya kita bahkan ingin meninggalkannya untuk menikmati tawaran dunia. Maka Yesus sendiri mengingatkan kita, agar berpaling kepadaNya. "Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu" (Yoh 16:24). Pintu yang telah dibuka ini perlu kita manfaatkan, dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas doa, meditasi Kitab Suci, refleksi, menerima sakramen, dan sebagainya. Biarkanlah Tuhan yang menentukan arah hidupmu. (ap)

Tuhan, kobarkanlah semangat kami dengan Roh-Mu, agar hanya Sabda dan kehendakMu yang kami wartakan setiap hari. Amin!

(c) 2016 twm

Mazmur Tanggapan (Mzm 47:2-3.8-9.10; R: 8a)

Ref: Allah adalah Raja seluruh bumi!

  1. Hai segala bangsa, bertepuktanganlah, elu-elukanlah Allah dengan sorak-sorai! Sebab Tuhan, Yang Mahatinggi, adalah dahsyat, Raja Agung atas seluruh bumi.
  2. Sebab Allah adalah Raja seluruh bumi, bermazmurlah dengan lagu yang paling indah! Allah merajai segala bangsa, di atas takhta-Nya yang kudus Ia bersemayam.
  3. Para pemimpin bangsa-bangsa berdatangan, bergabung dengan umat Allah Abraham. Sebab segala perisai di atas bumi adalah milik-Nya; sangat agunglah Dia!
 

Bapa mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya (Yoh 16:23b-28)

Dalam amanat perpisahan-Nya Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku. Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatu pun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu. Semuanya ini Kukatakan kepadamu dengan kiasan. Akan tiba saatnya Aku tidak lagi berkata-kata kepadamu dengan kiasan, tetapi terus terang memberitakan Bapa kepadamu. Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Kukatakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa, sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya bahwa Aku datang dari Allah. Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; kini Aku meninggalkan dunia lagi dan pergi kepada Bapa.”

 

HARI SEBELUMNYA  |  INDEX  |  HARI BERIKUTNYA
(Teks bacaan diambil dari Buku Bacaan Misale Romawi Indonesia, terbitan Obor, Jakarta)      


 
All stories by TIRTA WACANA Team except where otherwise noted. All rights reserved. | design: (c) aurelius pati soge