Jl. Kelapa Hijau - Bukit Indah Sukajadi - Batam 29642
SEARCH:

                 
  SVD Batam SOVERDIA (Awam SVD) Pelayanan Kitab Suci Pelayananan Internasional Liturgi dan Devosi Tirta Wacana  
         
Firman Tuhan untukku hari ini...
 
Betapa dalamnya Sabda Alkitabiah.
Semoga kita memperlakukannya dengan penghargaan yang tinggi (St. Arnoldus Janssen
)
 
  Yesus naik ke dalam sebuah perahu, yaitu perahu Simon, dan menyuruh dia supaya menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu IA duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu. Setelah selesai, Ia berkata kepada Simon, "Bertolaklah ke tempat yang lebih dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan." Simon menjawab, "Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga." (Luk 5:3-5)  
   
   
 
 
Mei 2016
  MASA BIASA PEKAN 7
 
REFLEKSI BULAN INI
Mg
Sn
Sl
Rb
Km
Jm
Sb
1 2 3 4 5 6
29 30 31 1 2 3 4
  Sabtu, 21 Mei 2016
   
 

SANG PENGHIBUR AKAN MENGAJARKAN
SEGALA SESUATU KEPADAMU DAN MENGINGATKAN KAMU AKAN SEMUANYA

 
 
 
Yak 5:13-20 | Mzm 141:1-3.8 | Mrk 10:13-16

Doa tekun seorang jujur amat sakti (Yak 5:13-20)

Saudara-saudara, kalau di antara kalian ada yang menderita, baiklah ia berdoa. Kalau ada yang bergembira, baiklah ia menyanyi. Kalau di antara kalian ada yang sakit, baiklah ia memanggil penatua, supaya mereka mendoakan dia serta mengurapinya dengan minyak demi nama Tuhan. Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan si sakit dan Tuhan akan membangunkan dia. Dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni. Karena itu, hendaklah kalian saling mengaku dosa dan saling mendoakan, supaya kalian sembuh. Doa orang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya. Elia adalah manusia biasa sama seperti kita! Ketika ia bersungguh-sungguh berdoa supaya hujan jangan turun, maka hujan pun tidak turun di bumi selama tiga tahun enam bulan. Lalu ia berdoa pula, dan langit menurunkan hujan, dan bumi mengeluarkan hasilnya. Saudara-saudara, jika ada di antara kalian yang menyimpang dari kebenaran, dan ada yang mau mengantarkan dia berbalik, ketahuilah, barangsiapa membuat orang berdosa berbalik dari jalannya yang sesat, ia akan menyelamatkan jiwa orang itu dari maut dan menutupi banyak dosa.

 

KEMURNIAN jiwa anak-anak tercermin dalam pertemuan Yesus dengan mereka. Dalam diri anak-anak, kita menemukan kepolosan budi menerima semua orang lain sebagai orang baik. Ketika ia dilarang, ia taat begitu saja tanpa bertanya-tanya. Ia menerima otoritas yang lebih tinggi dari dirinya. Ketika ia bertemu dengan orang asing sekalipun, ia tak pernah berpikir, bahwa orang bisa jahat dan berlaku buruk pada dirinya. Ia percaya akan kebaikan. Bagi Yesus, kualitas pribadi seperti ini sangat penting untuk bisa turut serta di dalam kemuliaan Kerajaan Allah.

Ketika para murid menghalang-halangi anak-anak itu datang kepadaNya, Yesus menegur mereka. Pelajaran yang disampaikan Yesus kepada para murid ialah menghargai semua orang yang mencari Kerajaan Allah, siapa pun dirinya dan apapun latar belakangnya, termasuk mereka yang kecil dan lemah, yang sering tidak diperhatikan di dalam masyarakat. Dalam banyak hal, anak-anak ini masuk dalam kategori makluk tak berdaya yang harus memperoleh perlindungan. Jika para murid tidak menghargai anak-anak, besar kemungkinan mereka tidak menghargai orang berdosa.

Untuk menanggapi pesan Yesus ini, Santo Yakobus memberikan kepada kita beberapa petunjuk praktis. Umat beriman perlu membangun sukacita dalam kesatuan umat Allah, diwarnai oleh doa dan pelayanan. Berdoa dan bermadah memuji Tuhan membuat kita membangun komunikasi vertikal, di mana Tuhan menjadi penyelenggara kehidupan dan kita umatNya penuh berada dalam lindunganNya. Ketika kita saling melayani dalam doa dan korban, kita mewujudkan cinta Ilahi di dalam relasi satu sama lain, sehingga kita saling menopang dalam mencari jalan kebenaran. Betapa indahnya, jika semua orang beriman berjuang mewujudkannya. (ap)

Tuhan Yesus, sadarkanlah kami agar saling menolong satu sama lain, dalam perjuangan meraih keselamatan abadi bersamaMu. Amin!

(c) 2016 twm

Mazmur Tanggapan (Mzm 141:1-3.8; R: 2a)

Ref: Semoga doaku membubung ke hadapanMu, ya Tuhan, bagaikan dupa.

  1. Ya Tuhan, aku berseru kepadaMu, datanglah segera kepadaku, dengarkanlah suaraku, di kala berseru kepadaMu! BagiMu biarlah doaku seperti persembahan ukupan, dan tanganku yang tengadah menjadi seperti kurban petang.
  2. Awaslah mulutku, ya Tuhan, berjagalah pada pintu bibirku! Tetapi kepadaMu lah mataku tertuju, ya Allah, Tuhanku. PadaMu lah aku berlindung, jangan campakkan aku!
 

Barangsiapa tidak menerima Kerajaan Allah seperti anak kecil ini, tidak akan masuk ke dalamnya (Mrk 10:13-16)

Sekali peristiwa orang membawa anak-anak kecil kepada Yesus supaya Ia menjamah mereka. Tetapi murid-muridNya memarahi orang-orang itu. Melihat itu, Yesus marah dan berkata kepada mereka, “Biarkanlah anak-anak itu datang kepadaKu! Jangan menghalang-halangi mereka! Sebab orang-orang seperti itulah yang empunya Kerajaan Allah. Aku berkata kepadamu: Sungguh, barangsiapa tidak menerima kerajaan Allah seperti seorang anak kecil, ia tidak akan masuk ke dalamnya.” Kemudian Yesus memeluk anak-anak itu, meletakkan tangan ke atas mereka dan memberkati mereka.

 

HARI SEBELUMNYA  |  INDEX  |  HARI BERIKUTNYA
(Teks bacaan diambil dari Buku Bacaan Misale Romawi Indonesia, terbitan Obor, Jakarta)      


 
All stories by TIRTA WACANA Team except where otherwise noted. All rights reserved. | design: (c) aurelius pati soge