Jl. Kelapa Hijau - Bukit Indah Sukajadi - Batam 29642
SEARCH:

                 
  SVD Batam SOVERDIA (Awam SVD) Pelayanan Kitab Suci Pelayananan Internasional Liturgi dan Devosi Tirta Wacana  
         
Firman Tuhan untukku hari ini...
 
Betapa dalamnya Sabda Alkitabiah.
Semoga kita memperlakukannya dengan penghargaan yang tinggi (St. Arnoldus Janssen
)
 
  Yesus naik ke dalam sebuah perahu, yaitu perahu Simon, menyuruh dia supaya menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu IA duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu. Setelah selesai, Ia berkata kepada Simon, "Bertolaklah ke tempat yang lebih dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan." Simon menjawab, "Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga." (Luk 5:3-5)  
   
   
 
 
Desember 2016
  MASA ADVEN PEKAN 1
 
REFLEKSI BULAN INI
Mg
Sn
Sl
Rb
Km
Jm
Sb
27 28 29 30 1 2
25 26 27 28 29 30 31
   Kamis, 1 Desember 2016
   Beato Dionisius dan Redemptus, martir di Aceh
 

 
 
 
Yes 26:1-6 | Mzm 118:1.8-9.19-21.25-27a | Mat 7:21.24-27

Bangsa yang benar dan tetap setia biarlah masuk (Yes 26:1-6)

Pada masa itu nyanyian ini akan dinyanyikan di seluruh Yehuda: “Kita mempunyai kota yang kuat! Tuhan telah memasang tembok dan banteng untuk keselamatan kita. Bukalah pintu-pintu gerbangnya agar masuklah bangsa yang benar dan yang tetap setia. Engkau menjaga orang yang teguh hatinya dengan damai sejahtera, sebab ia percaya kepadaMu. Percayalah kepada Tuhan selama-lamanya, sebab Tuhan Allah adalah gunung batu yang kekal. Kota-kota di atas gunung telah ditaklukkanNya; benteng-benteng yang kuat telah dirobohkanNya. diratakanNya dengan tanah dan dicampakkanNya menjadi debu. Kaki orang-orang sengsara dan telapak orang-orang lemah akan menginjak-injaknya.”

 

SUASANA Natal sudah terasa di berbagai pusat perbelanjaan. Singapore yang hanya sejam perjalanan dengan ferry jauhnya dari Batam, tempat aku berkarya sekarang, sudah seperti kota orang Kristiani. Pohon-pohon Natal besar dipasang di mana-mana, mall-mall dipenuhi dengan hiasan Natal dan lagu-lagu Natal mengalun di mana-mana. Tujuannya semata-mata bisnis, tetapi tetap memberi kesan tersendiri, bahwa kelahiran Sang Penebus itu telah mengubah wajah dunia. Namun sejalan dengan itu, semua orang perlu mengingatkan diri, bahwa tujuan terjauh bukanlah komersialisasi nilai iman, melainkan meraih keselamatan. Dan Yesus hanya memberi satu tugas, yakni melakukan kehendak Bapa yang di surga, karena kehendak Bapa itu menjadi pilar penopang peziarahan hidup kita.

MASA ADVEN menjadi saat indah bagi kita untuk merenung kembali apa kehendak Bapa Surgawi yang harus kita lakukan. Kita mulai dengan ber- tobat dari dosa, membaharui iman dan melakukan perbuatan amal kasih yang menyentuh hidup sesama. Dengan karakter rohaniah yang diperbarui, kita memiliki pondasi baru untuk membangun hidup, ibarat rumah kokoh di atas wadas, dilengkapi dengan gerbang cinta yang melayani, sehingga semua orang yang ada bersama kita mengalami sentuhan kasih Tuhan. Ini jelas bukan sebuah tugas yang mudah, karena kita dituntut membenahi diri, jika ingin membaharui dunia bagi Tuhan. Setiap doa kita menjadi batu sendi baru, setiap pelayanan kita menjadi pilar baru bangunan iman. Janganlah menyia-nyiakan waktu sebatas urusan dunia saja. (ap)

PerintahMu yang agung, semoga kami jalani dengan rendah hati, ya Tuhan, agar kami menggapai keselamatanMu yang mulia. Amin!

(c) 2016 twm

Mazmur Tanggapan (Mzm 118:1.8-9.19-21.25-27a; R: 26a)

Ref: Diberkatilah dia yang datang dalam nama Tuhan.

  1. Bersyukurlah kepada Tuhan, sebab Ia baik! Kekal abadi kasih setiaNya. Lebih baik berlindung pada Tuhan daripada percaya kepada insan! Lebih baik berlindung pada Tuhan daripada percaya kepada para bangsawan!
  2. Bukakan aku pintu gerbang kebenaran, aku hendak masuk ke dalamnya, hendak mengucapkan syukur kepada Tuhan. Inilah pintu gerbang Tuhan, orang-orang benar akan masuk ke dalamnya. Aku bersyukur kepadaMu, sebab Engkau telah menjawab aku dan telah menjadi keselamatanku.
  3. Ya Tuhan, berilah kiranya keselamatan! Ya Tuhan, berilah kiranya kemujuran! Diberkatilah dia yang datang dalam nama Tuhan! Kami memberkati kamu dari dalam rumah Tuhan. Tuhanlah Allah, Dia menerangi kita. Ikatkanlah korban hari raya itu dengan tali pada tanduk-tanduk mesbah.

 

 

Barangsiapa melakukan kehendak Bapa akan masuk Kerajaan Allah (Mat 7:21.24-27)

Pada suatu ketika Yesus bersabda kepada murid-muridNya, “Bukan setiap orang yang berseru kepadaKu, ‘Tuhan! Tuhan’ akan masuk kerajaan surga, melainkan dia yang melakukan kehendak BapaKu di surga. Semua orang yang mendengar perkataanKu dan melakukannya, ia sama dengan orang bijaksana yang membangun rumahnya di atas batu. Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu. Tetapi setiap orang yang mendengar perkataanKu dan tidak melakukannya, ia sama dengan orang bodoh, yang membangun rumahnya di atas pasir. Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu. Maka robohlah rumah itu dan hebatlah kerusakannya.”

 

HARI SEBELUMNYA  |  INDEX  |  HARI BERIKUTNYA
(Teks bacaan diambil dari Buku Bacaan Misale Romawi Indonesia, terbitan Obor, Jakarta)      


 
All stories by TIRTA WACANA Team except where otherwise noted. All rights reserved. | design: (c) aurelius pati soge