Jl. Kelapa Hijau - Bukit Indah Sukajadi - Batam 29642
SEARCH:

                 
  SVD Batam SOVERDIA (Awam SVD) Pelayanan Kitab Suci Pelayananan Internasional Liturgi dan Devosi Tirta Wacana  
         
Firman Tuhan untukku hari ini...
 
Betapa dalamnya Sabda Alkitabiah.
Semoga kita memperlakukannya dengan penghargaan yang tinggi (St. Arnoldus Janssen
)
 
  Yesus naik ke dalam sebuah perahu, yaitu perahu Simon, menyuruh dia supaya menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu IA duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu. Setelah selesai, Ia berkata kepada Simon, "Bertolaklah ke tempat yang lebih dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan." Simon menjawab, "Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga." (Luk 5:3-5)  
   
   
 
 
Februari 2017
  MASA BIASA PEKAN 7
 
REFLEKSI BULAN INI
Mg
Sn
Sl
Rb
Km
Jm
Sb
      1 2 3
26 27 28        
  Minggu, 19 Februari 2017
   
 

KASIHILAH SESAMAMU DAN DOAKANLAH MEREKA YANG MEMBENCIMU, AGAR DIRIMU LAYAK MENJADI ANAK-ANAK ALLAH

 
 
 
Im 19:1-2.17-18 | Mzm 103:1-4.8.10.12-13 | 1 Kor 3:16-23 | Mat 5:38-48

Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri (Im 19:1-2.17-18)

Tuhan berfirman kepada Musa, “Berbicaralah kepada segenap jemaat Israel dan katakanlah kepada mereka: Kuduslah kamu, sebab Aku, Tuhan Allahmu, kudus. Janganlah engkau membenci saudaramu di dalam hati, tetapi engkau harus berterus terang menegur sesamamu, dan janganlah engkau mendatangkan dosa kepada dirimu karena dia. Janganlah engkau menuntut balas, dan janganlah menaruh dendam terhadap orang-orang sebangsamu, melainkan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Akulah Tuhan.”

 

KELUARGA itu terlihat bahagia di mataku. Setelah dekat dengan mereka, aku menemukan sebuah rahasia di balik itu. "Saya dulu hidup tanpa moral sampai terkena penyakit kelamin", kata si pria. "Saya putus asa. Semua menolak diriku. Yang mau merawat aku adalah isteriku sekarang, yang waktu itu adalah seorang pelacur. Dari rasa terima kasih, saya belajar mengasihinya. Ternyata, kasih itu mengubah diriku. Ia juga berubah dan menerima diriku apa adanya. Jika berbicara tentang kasih sejati, ini pengalaman kami. Kasih sejati itu harus mengubah orang berdosa menjadi lebih baik. Kami pernah berdosa, kami berubah karena sadar kalau kami saling mengasihi dalam kekurangan."

SELAMA ada sejarah keselamatan, perintah untuk mengasihi itu selalu ada dan tetap relevan. Hukum Taurat sendiri menempatkan kasih sebagai perintah penting yang harus dipenuhi (Im 19:18). Perintah ini diangkat oleh Yesus untuk menegaskan hakekat tugas yang diemban-Nya. "Kasihilah musuh-musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu", kata Yesus (Mat 5:44). Di antara dua orang yang saling mengasihi, kasih itu sudah tumbuh. Di antara dua orang yang bermusuhan, kasih mengubah pribadi mereka menjadi manusia baru, sehingga mereka bergerak menjauh dari dosa dan membentuk relasi baru atas dasar rahmat Tuhan. Manusia baru ini adalah Bait Allah (1 Kor 3:16), karena di dalam orang yang mengasihi, ada Roh yang membaharui wajah bumi. Di sini kita mengalami apa artinya cinta yang menghidupkan.

KASIH SEJATI itu menerima orang tanpa syarat, serta memberi daya yang membaharui seseorang. Orang yang benar lebih tekun berkarya digerakkan oleh cinta. Orang berdosa akan bertobat karena digerakkan oleh cinta. Orang tak benar jalan hidupnya membaharui diri karena terdorong oleh cinta. Sebagai pengikut Kristus, kita wajib mencintai tanpa pamrih, tanpa prasyarat, tidak memberi selain daripada cinta itu sendiri. Ketika semua orang mau memberi cinta yang menghidupkan, dunia akan berubah menjadi surga damai bagi semua orang. (ap)

Tuhan Yesus Kristus, ajarilah kami mencintai sesama dengan benar, sebagaimana Engkau sendiri telah mencintai kami semua. Amin!

(c) 2017 twm

Mazmur Tanggapan (Mzm 103:1-4.8.10.12-13; R: 8a)

Ref: Tuhan adalah pengasih dan penyayang.
  1. Pujilah Tuhan, hai jiwaku! Pujilah namanya yang kudus hai segenap batinku! Pujilah Tuhan, hai jiwaku, janganlah lupa akan segala kebaikanNya!
  2. Dialah yang mengampuni segala kesalahanmu, dan menyembukan segala penyakitmu! Dialah yangmenebus sisa hidupmu dari liang kubur, dan memahkotai engkau dengan setia dan rahmat.
  3. Tuhanlah pengasih dan penyayang, panjang sabar dan berlimpah kasih setia. Tidak pernah Ia memperlakukan kita setimpal dengan dosa kita, atau membalas kita setimpal kesalahan kita.
  4. Sejauh Timur dari Barat, demikian pelanggaran-pelanggaran kita dibuangNya. Seperti bapa sayang kepada anak-anaknya, demikian Tuhan sayang kepada orang-orang yang bertakwa.
 

Semuanya adalah kepunyaanmu. Tetapi kamu adalah milik Kristus, dan Kristus adalah milik Allah (1 Kor 3:16-23)

Saudara-saudara, camkanlah sungguh-sungguh, bahwa kamu adalah Bait Allah, dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu. Jika ada orang yang membinasakan Bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia. Sebab bait Allah adalah kudus, dan kamulah Bait Allah itu. Jangan lah ada orang yang menipu dirinya sendiri. Jika ada di antara kamu yang menyangka dirinya berhikmat menurut dunia ini, biarlah ia menjadi bodoh supaya ia sungguh berhikmat. Karena hikmat dunia ini adalah kebodohan bagi Allah. Sebab ada tertulis, “Ia menangkap orang berhikmat dalam kecerdikannya.” Dan di tempat lain tertulis, “Tuhan mengetahui rancangan-rancangan orang berhikmat. Sungguh, semuanya sia-sia belaka.” Karena itu, janganlah ada yang memegahkan dirinya atas manusia, sebab segala sesuatu adalah milikmu, baik Paulus, Apolos maupun Kefas, baik dunia, hidup maupun mati, baik waktu sekarang maupun waktu yang akan datang. Semuanya itu kepunyaanmu. Tetapi kamu adalah milik Kristus, dan Kristus adalah milik Allah.
 

Kasihilah musuhmu (Mat 5:38-48)

Dalam khotbah di bukit, Yesus berkata kepada murid-muridNya, “Kamu telah mendengar, bahwa dulu ada ungkapan: Mata ganti mata, gigi ganti gigi. Tetapi Aku berkata kepadamu, ‘Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu. Sebaliknya, bila orang menampar pipi kananmu, berikanlah juga pipi kirimu. Jika orang itu hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serah-kanlah juga jubahmu. Jika engkau dipaksa menghantar seseorang berjalan sejauh satu mil, berjalan lah bersama dia sejauh dua mil. Berikanlah kepada orang apa yang dimintanya, dan jangan menolak orang yang mau meminjam sesuatu dari padamu.’ Kamu telah mendengar Firman, ‘Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuh-musuhmu.’ Tetapi Aku berkata kepadamu, ‘Kasihilah musuh-musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.’ Karena dengan demikian kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di surga. Sebab Ia membuat matahariNya terbit bagi orang yang jahat dan juga bagi orang yang baik. Hujan pun diturunkanNya bagi orang yang benar dan juga bagi orang yang tidak benar. Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian? Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudaramu saja, apakah lebihnya dari perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allah pun berbuat demikian? Karena itu, haruslah kamu sempurna, sebagaimana Bapamu yang di surga sempurna adanya.”

HARI SEBELUMNYA  |  INDEX  |  HARI BERIKUTNYA
(Teks bacaan diambil dari Buku Bacaan Misale Romawi Indonesia, terbitan Obor, Jakarta)      


 
All stories by TIRTA WACANA Team except where otherwise noted. All rights reserved. | design: (c) aurelius pati soge