Jl. Kelapa Hijau - Bukit Indah Sukajadi - Batam 29642
SEARCH:

                 
  SVD Batam SOVERDIA (Awam SVD) Pelayanan Kitab Suci Pelayananan Internasional Liturgi dan Devosi Tirta Wacana  
         
Firman Tuhan untukku hari ini...
 
Betapa dalamnya Sabda Alkitabiah.
Semoga kita memperlakukannya dengan penghargaan yang tinggi (St. Arnoldus Janssen
)
 
  Yesus naik ke dalam sebuah perahu, yaitu perahu Simon, menyuruh dia supaya menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu IA duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu. Setelah selesai, Ia berkata kepada Simon, "Bertolaklah ke tempat yang lebih dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan." Simon menjawab, "Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga." (Luk 5:3-5)  
   
   
 
 
Oktober 2017
  MASA BIASA PEKAN 26
 
REFLEKSI BULAN INI
Mg
Sn
Sl
Rb
Km
Jm
Sb
1 2 3 4 5 6
29 30 31        
  Minggu, 1 Oktober 2017
  St. Teresia dari Kanak-kanak Yesus (Lisieux)
 

DALAM NAMA YESUS, BERTEKUKLAH
SEGALA BANGSA DAN MENGAKUI, BAHWA YESUS KRISTUS ADALAH TUHAN

 
 
 
Yeh 18:25-28 | Mzm 25:4bc-9; R.6a | Flp 2:1-11 | Mat 21:28-32

Kalau orang fasik bertobat dari kefasikan yang dilakukannya, ia akan menyelamatkan jiwanya (Yeh 18:25-28)

Beginilah firman Tuhan Allah, “Kamu berkata: Tindakan Tuhan tidak tepat! Dengarlah dulu, hai kaum Israel! Apakah tindakanKu yang tidak tepat, ataukah tindakanmu yang tidak tepat? Kalau orang benar berbalik dari kebenarannya dan melakukan kecurangan sehingga ia mati, ia harus mati karena kecurangan yang dilakukannya. Sebaliknya, kalau orang fasik bertobat dari kefasikan yang dilakukannya dan ia melakukan keadilan serta kebenaran, ia akan menyelamatkan nyawanya. Ia insaf dan bertobat dari segala durhaka yang dibuatnya, maka ia pasti hidup, ia tidak akan mati.”

SEORANG pria muda menikah lagi sesudah sembilan tahun menduda karena kematian isterinya. Ketika ia ditanya mengapa butuh waktu sekian lama untuk menikah lagi. "Saya harus yakin tidak mengulangi kesalahan yang menyebabkan almahrum isteri saya menderita", katanya. "Dulu banyak kesalahan saya lakukan, dan itu melukai banyak orang. Sekarang, saya berharap tidak lagi mengulanginya, sehingga tak perlu ada yang terluka." Sesudah beberapa tahun berlalu, orang-orang yakin, bahwa ia memang berubah. "Harga perubahan itu sangat mahal", katanya, "namun saya percaya Tuhan menghargai perjuangan saya."

SIAPAKAH yang berhak diselamatkan? Banyak turunan Abraham percaya mereka diselamatkan karena Abraham, leluhur mereka. Pada hal Tuhan tidak memandang garis keturunan. Kalau orang jahat bertobat dari kejahatannya dan melakukan hal yang benar, ia menyelamatkan nyawanya. Demikian yang disampaikan oleh Nabi Yehezkiel. Siapakah orang jahat yang bertobat? Banyak yang dapat disebutkan, namun Yesus memberi contoh praktis. Para pemungut cukai mungkin sering melakukan pemerasan, dan para pelacur menjual dirinya untuk meraih keuntungan. Dalam hal ini, Yesus menunjukkan keberpihakan-Nya, yakni menerima pendosa yang bertobat. Ketika seorang berdosa dan menjauhkan diri dari Tuhan, ia berada dalam bahaya kehancuran. Namun ketika ia bertobat, ia menerima tawaran cinta Tuhan. Cinta Tuhan selalu mengarah ke keselamatan, sehingga menerima cinta Tuhan berarti membawa diri ke keselamatan.

KEHIDUPAN Kristus menjadi model semua orang, seperti yang ditekankan oleh Paulus dalam suratnya kepada orang Filipi. Kristus itu rendah hati dan rela berkorban demi keselamatan banyak orang. Jika kita harus mengambil pola hidup Kristus, kita dituntut untuk hidup suci; untuk rendah hati; untuk menghargai sesama manusia tanpa memandang batasan-batasan sosial; untuk selalu memihak yang lemah, menegakkan keadilan dan mengupayakan perdamaian, dan seterusnya. Ketika kita menghayati pola hidup Kristus, kita juga mengajarkan kebenaran kepada banyak orang. Akibatnya, kita membangun sebuah komunitas baru berazaskan kebenaran, keadilan, perdamaian, bertumpu pada penghargaan terhadap martabat manusia. Tak ada seorang pun yang berhak menjadi hakim bagi orang lain. (ap)

Tuhan Yesus Kristus, berilah kami rahmat-Mu. agar penghayatan iman kami menjadi tanda harapan akan keselamatan bagi sesama. Amin!

(c) 2017 twm

Mazmur Tanggapan (Mzm 25:4bc-9; R: 6a)

Ref: Perlihatkanlah kepada kami kasih setiaMu, ya Tuhan.

  1. Tunjukkanlah lorong-lorongMu kepadaku, ya Tuhan, bawalah aku berjalan dalam kebenaranMu dan ajarlah aku, sebab Engkaulah Allah yang menyelamatkan daku; Engkau kunanti-nantikan sepanjang hari.
  2. Ingatlah segala rahmat dan kasih setiaMu, ya Tuhan, sebab semuanya itu sudah ada sejak purbakala. Dosa-dosaku pada waktu muda dan pelanggaran-pelanggaranku janganlah Kauingat, tetapi ingatlah kepadaku sesuai dengan kasih setiaMu, oleh karena kebaikanMu, ya Tuhan.
  3. Tuhan itu baik dan benar; sebab itu Ia menunjukkan jalan kepada orang yang sesat, Ia membimbing orang-orang yang rendah hati menurut hukum, dan mengajarkan jalanNya kepada orang-orang yang bersahaja.

Dalam hidumu bersama hendaklah kamu bersikap seperti Kristus Yesus (Flp 2:1-11)

Saudara-saudara, dalam Kristus ada nasihat, ada penghiburan kasih, ada persekutuan Roh, ada kasih mesra dan belas kasihan. Maka sempurnakanlah sukacitaku dengan ini: Hendaklah kamu sehati sepikir dalam satu kasih, satu jiwa dan satu tujuan, dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau pujian yang sia-sia. Sebaliknya dengan rendah hati anggaplah orang lain lebih utama daripada dirimu sendiri. Jangan lah masing-masing hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, melainkan kepentingan orang lain juga. Dalam hidupmu bersama hendaklah kamu bersikap seperti Kristus Yesus.
Walaupun dalam rupa Allah, Ia tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan. Sebaliknya, Ia telah mengosongkan diri dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan dalam keadaan sebagai manusia, ia telah merendahkan diriNya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. Itulah sebabnya Allah meninggikan Dia dan menganugerahiNya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuklututlah segala yang ada di langit, yang ada di atas dan di bawah bumi, dan bagi kemuliaan Allah Bapa segala lidah mengaku, Yesus Kristus adalah Tuhan.

 

Pemungut-pemungut cukai dan para pelacur akan mendahului kamu masuk ke dalam Kerajaan Allah (Mat 21:28-32)

Sekali peristiwa, Yesus berkata kepada imam-imam kepala dan tua-tua bangsa Yahudi, “Bagaimana pendapatmu? Ada orang mempunyai dua anak laki-laki. Ia pergi kepada yang sulung dan berkata, ‘Anakku, pergilah bekerja di kebun anggur hari ini!’ Jawab anak itu, ‘Baik, Bapa’, tetapi ia tidak pergi. Lalu orang itu pergi kepada anak yang kedua dan berkata demikian juga. Dan anak itu menjawab, ‘Tidak mau!’ Tetapi kemudian ia menyesal lalu pergi juga. Siapakah di antara kedua orang anak itu yang melakukan kehendak ayahnya?” Jawab mereka, “Yang terakhir.” Maka berkatalah Yesus kepada mereka, “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pemungut-pemungut cukai dan para pelacur akan mendahului kamu masuk ke dalam Kerajaan Allah. Sebab Yohanes datang untuk menunjukkan jalan kebenaran kepadamu, dan kamu tidak percaya kepadanya. Tetapi pemungut-pemungut cukai dan para pelacur percaya kepadanya. Dan meskipun melihatnya, kamu tetap tidak menyesal dan kamu tidak juga percaya kepadanya.”


HARI SEBELUMNYA  |  INDEX  |  HARI BERIKUTNYA
(Teks bacaan diambil dari Buku Bacaan Misale Romawi Indonesia, terbitan Obor, Jakarta)      


 
All stories by TIRTA WACANA Team except where otherwise noted. All rights reserved. | design: (c) aurelius pati soge