Jl. Kelapa Hijau - Bukit Indah Sukajadi - Batam 29642
SEARCH:

                 
  SVD Batam SOVERDIA (Awam SVD) Pelayanan Kitab Suci Pelayananan Internasional Liturgi dan Devosi Tirta Wacana  
         
Firman Tuhan untukku hari ini...
 
Betapa dalamnya Sabda Alkitabiah.
Semoga kita memperlakukannya dengan penghargaan yang tinggi (St. Arnoldus Janssen
)
 
  Yesus naik ke dalam sebuah perahu, yaitu perahu Simon, menyuruh dia supaya menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu IA duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu. Setelah selesai, Ia berkata kepada Simon, "Bertolaklah ke tempat yang lebih dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan." Simon menjawab, "Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga." (Luk 5:3-5)  
   
   
 
 
Desember 2017
  Masa Adven Pekan 2
 
REFLEKSI BULAN INI
Mg
Sn
Sl
Rb
Km
Jm
Sb
          1
24 25 26 27 28 29 30
31            
  Kamis, 14 Desember 2017
  St. Yohanes dari Salib, imam dan pujangga gereja
 
UJUD GEREJA INDONESIA
Semoga pemerintah makin bisa mewujudkan langkah-langkah konkret untuk membangun masyarakat Papua, agar mereka makin bisa merasakan hak-haknya sebagai warga NKRI
 
 
 
Yes 41:13-20 | Mzm 145:1.9-13b | Mat 11:11-15

Yang menebus engkau ialah Yang Mahakudus, Allah Israel (Yes 41:13-20)

Aku ini Tuhan Allahmu. Aku memegang tangan kananmu dan berkata kepadamu, “Janganlah takut. Aku lah yang menolong engkau.” Janganlah takut, hai si cacing Yakub, hai si ulat Israel! Akulah yang menolong engkau, demikianlah sabda Tuhan; dan yang menebus engkau ialah Yang Mahakudus, Allah Israel. Sesungguhnya , Aku membuat engkau menjadi papan pengirik yang tajam dan baru dengan gigi dua jajar. Engkau akan mengirik gunung-gunung dan menghancurkannya; bukit-bukit pun akan kau buat seperti sekam. Engkau akan menampi mereka, lalu angin akan menerbangkan mereka, dan badai akan menyerakkan mereka. Tetapi engkau akan bersorak-sorak dalam Tuhan dan bermegah dalam Yang Mahakudus, Allah Israel. Orang-orang sengsara dan orang-orang miskin sedang mencari air, tetapi tidak ada, lidah mereka kering kehausan. Tetapi Aku, Tuhan, akan menjawab mereka, dan sebagai Allah orang Israel, Aku tidak akan meninggalkan mereka. Aku akan membuat sungai-sungai memancar di atas bukit-bukit gundul, dan membuat mata air membual di tengah dataran. Aku akan membuat padang gurun menjadi telaga dan memancarkan air dari tanah kering. Aku akan menanam pohon ara di padang gurun, pohon penaga, pohon murad dan pohon minyak. Aku akan menumbuhkan pohon sonobar di padang belantara dan pohon erangan serta cemara di sampingnya, supaya semua orang melihat dan mengetahui, memperhatikan dan memahami, bahwa tangan Tuhanlah yang membuat semuanya itu, dan Yang Mahakudus, Allah Israel, yang menciptakannya.

SEORANG kepala pemerintahan seperti presiden atau perdana menteri membentuk kabinet yang akan membantunya menjalankan roda pemerintahan. Kabinet diisi oleh orang-orang yang trampil dan bisa bekerjasama dengannya. Semua menteri atau staf khusus bisa memberi pendapat. Mereka juga bisa dilibatkan dalam mengambil keputusan. Namun tanggung jawab terakhir di tangan presiden atau perdana menteri. Karena itu, mereka tak bisa buat yang lain dari pada menjabarkan visi administrasi tersebut. Tiap penyelewengan dari visi akan dilihat sebagai pemberontakan yang bisa membuahkan pemecatan.

UTUSAN Tuhan berperanan besar di dalam pewartaan tentang keselamatan. Namun para utusan ini hanya menjalankan kehendak Tuhan, bukan kehendaknya sendiri. Karena itu, Nabi Yesaya tak pernah menyebut sekalipun, bahwa keselamatan itu datang dari tangannya. Ia selalu menegaskan, bahwa yang menebus umat berdosa ialah Yang Mahakudus, Allah Israel. Karena itu sembah dan bhakti umat haruslah ditujukan kepada Yahweh. Seorang nabi layak dihargai, tetapi bukan menjadi pusat pelayanan. Inilah yang ditekankan Yesus ketika berbicara tentang Yohanes Pembaptis. Kharisma Yohanes telah menarik banyak orang, tetapi bukan dia yang membawa keselamatan. Dia adalah Elia yang baru. Ia tetap utusan, walaupun istimewa. Melalui dia, umat harus sampai pada Utusan Utama, yakni Sang Mesias.

SEBAGAI murid Tuhan, setiap umat Kristiani adalah utusan Tuhan bagi bangsa-bangsa. Maka keterlibatan orang Kristiani dalam karya pewartaan itu keharusan, bukan pilihan bebas. Kita terlibat dalam semua aspek kehidupan dengan membawa nilai-nilai iman dan moral Kristiani. Namun ketika ada buah-buah positip yang dihasilkan dari karya tersebut, kita harus menahan diri dari rasa ingin memiliki dan meraih pengaruh. Kemuliaan itu milik Tuhan, sementara karunia bagi kita ialah keselamatan. Maka kita haruslah tetap rendah hati seperti Elia, walaupun kita mungkin sangat berhasil di dalam karya pelayanan itu. (ap)

Semoga benih kerendahan hati selalu Engkau taburkan ke dalam
hati kami, ya Yesus, agar kami tidak mengingkari diri-Mu. Amin!

(c) 2017 twm


Mazmur Tanggapan (Mzm 145:1.9-13b; R: 8)

Ref: Tuhan itu pengasih dan penyayang, panjang sabar dan besar kasih setia-Nya.

  1. Aku hendak mengagungkan Dikau, ya Allah, ya Rajaku; aku hendak memuji nama-Mu untuk selama-lamanya. Tuhan itu baik kepada semua orang, penuh rahmat terhadap segala yang dijadikan-Nya.
  2. Segala yang Kaujadikan akan bersyukur kepada-Mu, ya Tuhan, dan orang-orang yang Kaukasihi akan memuji Engkau. Mereka akan mengumumkan kemuliaan kerajaan-Mu, dan akan membicarakan keperkasaan-Mu.
  3. Untuk memberitahukan keperkasaan-Mu kepada anak-anak manusia, dan memaklumkan kerajaan-Mu yang semarak mulia. Kerajaan-Mu ialah kerajaan abadi, pemerintahan-Mu lestari melalui segala keturunan.
 

Tak pernah tampil seorang yang lebih besar daripada Yohanes Pembaptis (Mat 11:11-15)

Pada suatu hari Yesus berkata kepada orang banyak, “Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar daripada Yohanes Pembaptis. Namun yang terkecil dalam Kerajaan Surga lebih besar daripadanya. Sejak tampilnya Yohanes Pembaptis hingga sekarang, Kerajaan Surga dirongrong, dan orang yang merongrongnya mencoba menguasainya. Sebab semua kitab para nabi dan kitab Taurat bernubuat hingga tampilnya Yohanes. Dan jika kalian mau menerimanya, Yohanes itulah Elia yang akan datang itu. Barangsiapa bertelinga hendaklah ia mendengar!”

 

HARI SEBELUMNYA  |  INDEX  |  HARI BERIKUTNYA
(Teks bacaan diambil dari Buku Bacaan Misale Romawi Indonesia, terbitan Obor, Jakarta)      


 
All stories by TIRTA WACANA Team except where otherwise noted. All rights reserved. | design: (c) aurelius pati soge