Jl. Kelapa Hijau - Bukit Indah Sukajadi - Batam 29642
SEARCH:

                 
  SVD Batam SOVERDIA (Awam SVD) Pelayanan Kitab Suci Pelayananan Internasional Liturgi dan Devosi Tirta Wacana  
         
Firman Tuhan untukku hari ini...
 
Betapa dalamnya Sabda Alkitabiah.
Semoga kita memperlakukannya dengan penghargaan yang tinggi (St. Arnoldus Janssen
)
 
  Yesus naik ke dalam sebuah perahu, yaitu perahu Simon, menyuruh dia supaya menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu IA duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu. Setelah selesai, Ia berkata kepada Simon, "Bertolaklah ke tempat yang lebih dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan." Simon menjawab, "Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga." (Luk 5:3-5)  
   
   
 
 
Januari 2018
  Masa Natal
 
REFLEKSI BULAN INI
Mg
Sn
Sl
Rb
Km
Jm
Sb
  1 2 3 4 5
28 29 30 31      

Selasa, 2 Januari 2018
 
  St. Basilius Agung & St. Gregorius Nazianze, U. PG.  
 
UJUD GEREJA INDONESIA:
"Semoga Gereja menaruh perhatian serius dan mengambil
langkah nyata untuk mengatasi masalah di mana banyak anak
muda Katolik ragu, goyah dan akhirnya meninggalkan iman."
 
 
 
1 Yoh 2:22-28 | Mzm 98:1-4 | Yoh 1:19-28

Apa yang telah kamu dengar harus tetap tinggal di dalam dirimu (1 Yoh 2:22-28)

Anak-anakku terkasih, barangsiapa menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus, dia itu seorang pendusta! Dan barangsiapa menyangkal baik Bapa maupun Anak, dia itu adalah anti Kristus. Sebab barangsiapa menyangkal Anak, Ia juga tidak memiliki Bapa. Barangsiapa mengakui Anak, ia juga memiliki Bapa. Dan kamu, apa yang telah kamu dengar dari semula, itu harus tetap tinggal di dalam dirimu. Jika apa yang telah kamu dengar dari semula itu tetap tinggal di dalam dirimu, maka kamu akan tetap tinggal di dalam Anak dan di dalam Bapa. Dan inilah janji yang telah dijanjikan-Nya sendiri kepada kita, yaitu hidup yang kekal. Semua ini kutulis kepadamu, yaitu mengenai orang-orang yang berusaha menyesatkan kamu. Sebab di dalam dirimu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari Yesus. Karena itu tidak perlu kamu diajar oleh orang lain. Tetapi sebagaimana pengurapan Yesus mengajar kamu tentang segala sesuatu — dan pengajaran-Nya itu benar, tidak dusta — dan sebagaimana Ia dahulu telah mengajar kamu, demikianlah hendaknya kamu tetap tinggal di dalam Dia.

SUKACITA awal tahun 2018 masih menyita perhatian banyak orang di berbagai tempat dan kesempatan. Kelompok-kelompok tertentu malahan masih merayakan Natal. Apapun tujuannya, jelas terlihat pengaruh Natal, kelahiran Yesus Kristus. Walaupun bagi sejumlah orang ini sebatas perayaan kultural, yang lain lagi sekedar bertujuan bisnis, organisasi, bahkan politik, iman Kristiani telah berperanan di dalamnya, baik langsung maupun tidak. Di sini ada jalan untuk memberi kesaksian iman.

YOHANES PEMBAPTIS tampil dan memberi ke saksian di hadapan banyak orang tentang Mesias yang akan datang. Kabar Gembira ini menuntut pertobatan, agar sukacita iman menjadi sempurna. Berkat pertobatan, pertemuan dengan Tuhan lebih intensip dan mengubah hidup. Itulah pengalaman Yohanes Rasul, yang dituang dalam surat-suratnya. Ia tidak menghendaki para murid terlepas dari jalan keselamatan, karena itu ia mengingatkan mereka agar teguh berpegang pada karunia iman tersebut, walaupun karunia itu menuntut tanggung jawab yang besar. Ketika sukacita tetap dipelihara, suasana batin selalu terasa ringan, sehingga akhirnya ada daya hidup yang memberi inspirasi untuk menghadapi apapun konsekuensi iman kepada Kristus.

ALANGKAH pentingnya memelihara sukacita iman, karena akan datang saatnya salib menyusul dan menuntut pengorbanan kita. Di saat itu, sukacita memberi tenaga dan dorongan, karena kita tahu pasti, di ujung salib itu ada kebangkitan. Sedikit menderita tak apalah, yang penting jangan kehilangan pijakan. Dihina dunia tidak menyenangkan, tetapi lebih celaka lagi kalau jiwa tak layak masuk surga. Peliharalah sukacita iman maka perjalanan hidup sebagai orang Kristiani terasa lebih pasti. (ap)

Penuhilah hati kami dengan sukacita iman, ya Bapa, agar dalam situasi apapun kami selalu berjuang untuk mempertahankan iman kami. Amin!

© 2018 twm

Mazmur Tanggapan (Mzm 98:1.2-3b.3c-4; R: 3b)

Ref: Segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang datang dari Allah kita.

  1. Nyanyikanlah lagu baru bagi Tuhan, sebab Ia telah melakukan karya-karya yang ajaib; keselamatan telah dikerjakan oleh tangan kanan-Nya, oleh lengan-Nya yang kudus.
  2. Tuhan telah memperkenalkan keselamatan yang datang dari pada-Nya, Ia telah menyatakan keadilan-Nya di hadapan para bangsa. Ia ingat akan kasih dan kesetiaan-Nya terhadap kaum Israel.
  3. Segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang datang dari Allah kita. Bersorak-sorailah bagi Tuhan, hai seluruh bumi, bergembiralah dan bermazmurlah!
 

Sesudah aku akan datang Dia yang sudah ada sebelum aku (Yoh 1:19-28)

Inilah kesaksian Yohanes ketika orang Yahudi dari Yerusalem mengutus kepadanya beberapa imam dan orang-orang Lewi untuk menanyakan kepadanya: ‘Siapakah Engkau?’ Yohanes mengaku dan tidak berdusta, katanya, “Aku bukan Mesias!” Lalu mereka bertanya kepadanya, “Kalau begitu, siapakah engkau? Elia?” Yohanes menjawab, “Bukan!” “Engkaukah nabi yang akan datang?” Ia pun menjawab “Bukan!” Maka kata mereka kepadanya, “Siapakah engkau? Sebab kami harus memberi jawaban kepada mereka yang mengutus kami. Apakah katamu tentang dirimu sendiri?” Jawab Yohanes, “Akulah suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Luruskanlah jalan Tuhan seperti yang telah dikatakan Nabi Yesaya.”
Di antara orang-orang yang diutus itu ada beberapa orang Farisi. Mereka bertanya kepadanya, “Mengapa engkau membaptis jikalau engkau bukan Mesias, bukan Elia, dan bukan nabi yang akan datang?” Yohanes menjawab kepada mereka, “Aku membaptis dengan air; tetapi di tengah-tengah kamu berdiri Dia yang tidak kamu kenal, yaitu Dia yang datang kemudian dari padaku. Membuka tali kasut-Nya pun aku tidak layak.” Hal ini terjadi di Betania yang di seberang Sungai Yordan, di mana Yohanes membaptis orang.

 

HARI SEBELUMNYA  |  INDEX  |  HARI BERIKUTNYA
(Teks bacaan diambil dari Buku Bacaan Misale Romawi Indonesia, terbitan Obor, Jakarta)      


 
All stories by TIRTA WACANA Team except where otherwise noted. All rights reserved. | design: (c) aurelius pati soge