Jl. Kelapa Hijau - Bukit Indah Sukajadi - Batam 29642
SEARCH:

                 
  SVD Batam SOVERDIA (Awam SVD) Pelayanan Kitab Suci Pelayananan Internasional Liturgi dan Devosi Tirta Wacana  
         
Firman Tuhan untukku hari ini...
 
Betapa dalamnya Sabda Alkitabiah.
Semoga kita memperlakukannya dengan penghargaan yang tinggi (St. Arnoldus Janssen
)
 
  Yesus naik ke dalam sebuah perahu, yaitu perahu Simon, menyuruh dia supaya menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu IA duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu. Setelah selesai, Ia berkata kepada Simon, "Bertolaklah ke tempat yang lebih dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan." Simon menjawab, "Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga." (Luk 5:3-5)  
   
   
 
 
Januari 2018
  Masa Natal
 
REFLEKSI BULAN INI
Mg
Sn
Sl
Rb
Km
Jm
Sb
  1 2 3 4 5
28 29 30 31      

Rabu, 3 Januari 2018
 
  St. Fulgensius  
 
UJUD GEREJA INDONESIA:
"Semoga Gereja menaruh perhatian serius dan mengambil
langkah nyata untuk mengatasi masalah di mana banyak anak
muda Katolik ragu, goyah dan akhirnya meninggalkan iman."
 
 
 
1 Yoh 2:29-3:6 | Mzm 98:1.3c-6 | Yoh 1:29-34

Setiap orang yang tetap berada dalam Yesus tidak berbuat dosa lagi (1 Yoh 2:29-3:6)

Anak-anakku terkasih, jikalalu kamu tahu bahwa Kristus itu benar, kamu harus tahu juga bahwa setiap orang yang berbuat kebenaran lahir dari pada-Nya. Lihatlah betapa besar kasih yang dikaruniakan Bapa kepada kita, sehingga kita disebut anak-anak Allah, dan memang kita adalah anak-anak Allah. Karena itu dunia tidak mengenal kita, sebab dunia tidak mengenal Allah.
Saudara-saudaraku terkasih, sekarang kita adalah anak-anak Allah, tetapi belum nyata bagaimana keadaan kita kelak. Akan tetapi kita tahu bahwa apabila Kristus menyatakan diri-Nya, kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya. Setiap orang yang menaruh pengharapan ini kepada-Nya, menyucikan diri sama seperti Dia suci adanya. Setiap orang yang berbuat dosa melanggar hukum Alllah, sebab dosa adalah pelanggaran hukum Allah. Dan kamu tahu bahwa Kristus telah menyatakan diri-Nya untuk menghapus segala dosa, dan di dalam Dia tidak ada dosa. Karena itu setiap orang yang tetap berada dalam Dia, tidak berbuat dosa lagi; setiap orang yang tetap berbuat dosa, tidak melihat dan tidak mengenal Kristus.

YOHANES PEMBAPTIS ditempa oleh hidup yang penuh disiplin di padang gurun. Sebagai pertapa, Yohanes memusatkan perhatian pada kehendak Allah dengan mati raga dan mengingkari diri. Perjuangan Yohanes ini membuahkan pengalaman iman yang penuh energi menyerukan pertobatan. Yohanes dibenarkan oleh gaya hidupnya, sehingga yang datang dari mulut dan perilakunya adalah kebenaran. Maka ketika melihat Yesus, ia mendorong para muridnya mengambil keputusan yang benar. "Lihatlah, Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia", kata Yohanes. Dengan kata lain, yang layak diikuti itu Anak Domba Allah. Jika Yohanes tak memahami kebenaran, tak ada pernyataan demikian, karena beresiko ditinggalkan para murid.

PEWARTAAN IMAN membutuhkan keberanian kita meninggalkan kemapanan diri untuk beralih ke jalan salib, agar lebih banyak orang mendapat kesempatan mendengarkan Yesus Kristus yang menyelamatkan. Langkah konkrit yang diperlukan ialah memenuhi hati dan budi kita dengan Yesus Kristus, serta membiarkan diri kita dikendalikan oleh nilai-nilai Injil. Ketika Yesus merajai hati kita, kita tidak berpikir lain dari pada mewartakan kebenaran ini dalam setiap kata dan perbuatan. Menyadari kasih karunia dan kebenaran ini, mari kita merencanakan pembaharuan diri. Carilah harta tapi jangan jadikan tujuan, kejarlah kuasa tapi gunakan sebagai sarana pelayanan, carilah nama baik tapi demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan umat manusia. (ap)

Perlihatkanlah kepada kami kebenaran-Mu, ya Tuhan, dan ajarilah kami jalan-jalan-Mu, sehingga selamatlah kami sampai ke depan tahta-Mu. Amin!

© 2018 twm

Mazmur Tanggapan (Mzm 98:1.3c-4.5-6; R: 3cd)

Ref: Segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang datang dari Allah kita.

  1. Nyanyikanlah lagu baru bagi Tuhan, sebab Ia telah melakukan karya-karya yang ajaib; keselamatan telah dikerjakan oleh tangan kanan-Nya, oleh lengan-Nya yang kudus.
  2. Segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang datang dari Allah kita. Bersorak-sorailah bagi Tuhan, hai seluruh bumi, bergembiralah dan bermazmurlah!
  3. Bermazmurlah bagi Tuhan dengan kecapi, dengan kecapi dan lagu merdu; dengan nafiri dan sangkakala yang nyaring, bersorak-sorailah di hadapan Raja, yakni Tuhan.
 

Lihatlah Anak domba Allah (Yoh 1:29-34)

Ketika Yohanes membaptis di Sungai Yordan, ia melihat Yesus datang kepadanya. Maka katanya, “Lihatlah Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia. Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: Sesudah aku akan datang seorang yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku. Aku sendiri pun mula-mula tidak mengenal Dia, tetapi untuk itulah aku datang dan membaptis dengan air, supaya Ia dinyatakan kepada Israel.” Dan Yohanes memberi kesaksian, katanya, “Aku melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Roh itu tinggal di atas-Nya. Aku pun sebenarnya tidak mengenal Dia, tetapi yang mengutus aku membaptis dengan air telah berfirman, ‘Jikalau engkau melihat Roh turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dia itulah yang akan membaptis dengan Roh Kudus.’ Dan aku telah melihat-Nya! Maka aku memberi kesaksian: Dia inilah Anak Allah!”

 

HARI SEBELUMNYA  |  INDEX  |  HARI BERIKUTNYA
(Teks bacaan diambil dari Buku Bacaan Misale Romawi Indonesia, terbitan Obor, Jakarta)      


 
All stories by TIRTA WACANA Team except where otherwise noted. All rights reserved. | design: (c) aurelius pati soge