Jl. Kelapa Hijau - Bukit Indah Sukajadi - Batam 29642
SEARCH:

                 
  SVD Batam SOVERDIA (Awam SVD) Pelayanan Kitab Suci Pelayananan Internasional Liturgi dan Devosi Tirta Wacana  
         
Firman Tuhan untukku hari ini...
 
Betapa dalamnya Sabda Alkitabiah.
Semoga kita memperlakukannya dengan penghargaan yang tinggi (St. Arnoldus Janssen
)
 
  Yesus naik ke dalam sebuah perahu, yaitu perahu Simon, menyuruh dia supaya menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu IA duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu. Setelah selesai, Ia berkata kepada Simon, "Bertolaklah ke tempat yang lebih dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan." Simon menjawab, "Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga." (Luk 5:3-5)  
   
   
 
 
Januari 2018
  Masa Natal
 
REFLEKSI BULAN INI
Mg
Sn
Sl
Rb
Km
Jm
Sb
  1 2 3 4 5
28 29 30 31      

Sabtu, 6 Januari 2018
 
  St. Gaspar, Melkior, Bathazar, tiga sarjana dari Timur  
 
UJUD GEREJA INDONESIA:
"Semoga Gereja menaruh perhatian serius dan mengambil
langkah nyata untuk mengatasi masalah di mana banyak anak
muda Katolik ragu, goyah dan akhirnya meninggalkan iman."
 
 
 
1 Yoh 5:5-13 | Mzm 147:12-15.19-20 | Mrk 1:7-11

Kesaksian tentang Anak Allah (1 Yoh 5:5-13)

Saudara-saudara terkasih, tidak ada orang yang mengalahkan dunia, selain dia yang percaya, bahwa Yesus adalah Anak Allah! Dia inilah yang telah datang dengan air dan darah, yaitu Yesus Kristus; bukan saja dengan air, tetapi dengan air dan dengan darah. Dan Rohlah yang memberi kesaksian, karena Roh adalah kebenaran. Sebab ada tiga yang memberi kesaksian di bumi: Roh, air dan darah, dan ketiganya adalah satu. Kesaksian manusia kita terima, tetapi kesaksian Allah lebih kuat, sebab demikianlah kesaksian yang diberikan Allah tentang Anak-Nya. Barangsiapa percaya kepada Anak Allah, ia mempunyai kesaksian itu di dalam dirinya; barangsiapa tidak percaya kepada Allah, ia membuat Allah menjadi pendusta karena orang itu tidak percaya akan kesaksian yang diberikan Allah tentang Anak-Nya. Dan inilah kesaksian itu: Allah telah mengaruniakan hidup yang kekal kepada kita, dan hidup itu ada di dalam Anak-Nya. Barangsiapa memiliki Anak Allah, ia memiliki hidup; barangsiapa tidak memiliki Dia, ia tidak memiliki hidup. Semuanya ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu, yang percaya kepada nama Anak Allah, tahu, bahwa kamu memiliki hidup yang kekal.

PENDAPAT seorang ahli sering menjadi senjata pamungkas untuk meng-goal-kan satu ide dalam pertemuan-pertemuan. Bisa juga menjadi "ketuk palu" dalam talk-show. Dalam acara Indonesian Lawyers Club (ILC) , misalnya, pendapat ahli hukum, seperti Prof. J. Sahetapy, ditempatkan di akhir show, sehingga menjadi seperti gong penutup yang tak lagi dibantah. Walaupun pendapatnya masih bisa diperdebatkan, kredibilitas akademik dan sosial politik- nya membuat dia memiliki kewibawaan di hadapan banyak orang. Menantang tokoh sekaliber ini hampir sama dengan "bunuh diri" secara sosial.

PEWARTAAN Yohanes Pembaptis menggugah kesadaran banyak orang agar segera bertobat dan membaharui diri. Tanda tobat itu adalah dibaptis dengan air. Tempatnya di Sungai Yordan. Tetapi Yohanes sadar, bahwa itu hanya pengantar, bukan inti karya keselamatan. "Sesudah aku akan datang Dia yang lebih berkuasa daripadaku. Dia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus", kata Yohanes. Dibaptis dengan Roh Kudus merupakan anugerah yang tinggi, dan hanya bisa dilakukan oleh Tuhan sendiri. Namun kita semua didorong untuk menyiapkan diri melalui "baptisan air", yakni pertobatan, agar ketika Roh Kudus datang, ia menemukan istana yang layak bagi kediaman-Nya. Di saat itulah seluruh kepribadian kita sebagai orang beriman disempurnakan. (ap)

Terimalah tanda tobat kami, ya Tuhan, dan baharuilah diri kami, agar hati kami layak menjadi istana kediaman Roh Kudus. Amin!

© 2018 twm

Mazmur Tanggapan (Mzm 147:12-15.19-20; R: 12a)

Ref: Megahkanlah Tuhan, hai Yerusalem!

  1. Megahkanlah Tuhan, hai Yerusalem, pujilah Allahmu, hai Sion! Sebab Ia meneguhkan palang pintu gerbangmu, dan memberkati anak-anak yang ada padamu.
  2. Ia memberikan kesejahteraan kepada daerahmu dan mengenyangkan engkau dengan gandum yang terbaik. Ia menyampaikan perintah-Nya ke bumi; dengan segera firman-Nya berlari.
  3. Ia memberitakan firman-Nya kepada Yakub, ketetapan dan hukum-hukum-Nya kepada Israel. Ia tidak berbuat demikian kepada segala bangsa, dan hukum-hukum-Nya tidak mereka kenal.
 

Engkaulah Anak yang Kukasihi, kepada-Mu lah Aku berkenan (Mrk 1:7-11)

Tatkala banyak orang datang minta dibaptis, Yohanes memberitakan, “Sesudah Aku akan datang Dia yang lebih berkuasa daripadaku; membungkuk dan membuka tali kasut-Nya pun aku tidak layak. Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus.” Pada waktu itu datanglah Yesus dari Nazaret di tanah Galilea, dan Ia dibaptis di Sugai Yordan oleh Yohanes. Pada saat keluar dari air, Yesus melihat langit terkoyak, dan Roh seperti burung merpati turun ke atas-Nya. Lalu terdengarlah suara dari surga, “Engkaulah Anak yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan!”

 

HARI SEBELUMNYA  |  INDEX  |  HARI BERIKUTNYA
(Teks bacaan diambil dari Buku Bacaan Misale Romawi Indonesia, terbitan Obor, Jakarta)      


 
All stories by TIRTA WACANA Team except where otherwise noted. All rights reserved. | design: (c) aurelius pati soge