Jl. Kelapa Hijau - Bukit Indah Sukajadi - Batam 29642
SEARCH:

                 
  SVD Batam SOVERDIA (Awam SVD) Pelayanan Kitab Suci Pelayananan Internasional Liturgi dan Devosi Tirta Wacana  
         
Firman Tuhan untukku hari ini...
 
Betapa dalamnya Sabda Alkitabiah.
Semoga kita memperlakukannya dengan penghargaan yang tinggi (St. Arnoldus Janssen
)
 
  Yesus naik ke dalam sebuah perahu, yaitu perahu Simon, menyuruh dia supaya menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu IA duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu. Setelah selesai, Ia berkata kepada Simon, "Bertolaklah ke tempat yang lebih dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan." Simon menjawab, "Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga." (Luk 5:3-5)  
   
   
 
 
Januari 2018
  Masa Natal
 
REFLEKSI BULAN INI
Mg
Sn
Sl
Rb
Km
Jm
Sb
  1 2 3 4 5
28 29 30 31      

Minggu, 7 Januari 2018
 
  Hari Raya Penampakan Tuhan  
 
UJUD GEREJA INDONESIA:
"Semoga Gereja menaruh perhatian serius dan mengambil
langkah nyata untuk mengatasi masalah di mana banyak anak
muda Katolik ragu, goyah dan akhirnya meninggalkan iman."
 
 
 
Yes 60:1-6 | Mzm 72:1-2.7-8.10-13; R.11 | Ef 3:2-3a.5-6 | Mat 2:1-12

Kemuliaan Tuhan terbit atasmu (Yes 60:1-6)

Beginilah kata nabi kepada Yerusalem, "Bangkitlah, menjadi teranglah sebab terangmu datang, dan kemuliaan Tuhan terbit atasmu. Sebab sesungguhnya kegelapan menutupi bumi dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa, tetapi terang Tuhan terbit atasmu, dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasmu. Bangsa- bangsa berduyun-duyun datang kepada terangmu, dan raja-raja menyongsong cahaya yang terbit bagimu. Angkatlah mukamu dan lihatlah ke sekeliling! Mereka semua datang berhimpun kepadamu; anak-anakmu laki-laki datang dari jauh, dan anak-anakmu perempuan digendong. Melihat itu, engkau akan heran dan berseri-seri, engkau akan tercengang dan berbesar hari, sebab kelimpahan dari seberang laut akan beralih kepadamu, dan kekayaan bangsa-bangsa akan datang kepadamu. Sejumlah besar unta akan menutupi daerahmu, unta-unta muda dari Midian dan Efa. Mereka semua akan datang dari Syeba, akan membawa emas dan kemenyan, serta memberitakan perbuatan-perbuatan masyhur Tuhan.

WALAUPUN banyak akibat sampingan yang negatip, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengubah pandangan dan relasi antar bangsa, negara dan kelompok masyarakat. Dunia lebih terbuka dan jarak yang jauh secara teritorial bisa diatasi dengan pola-pola komunikasi modern. Sejalan dengan itu, interaksi antar manusia menjadi lebih intensip. Pada satu sisi, ada kecemasan dari golongan masyarakat tertentu tentang identitas suku dan budaya mereka. Pada sisi lain, interaksi ini justru memberi peluang belajar dari kelebihan orang lain. Marshall McLuhan pun menyebut dunia masa kini sebagai Global Village.

SECARA spiritual, Hari Raya Penampakan Tuhan (Epifani) ini telah menjembatani berbagai bangsa dan kelompok masyarakat dan membentuk global-village Kerajaan Allah. Nabi Yesaya memulainya dengan bernubuat, bahwa Yerusalem di kemudian hari tidak hanya menjadi kota orang Israel tetapi kota semua bangsa yang akan datang berduyun-duyun mencari Tuhan (Yes 60:3). Nubuat Yesaya ini, dalam skala terbatas, dipenuhi oleh kedatangan tiga sarjana mencari "Raja Israel" yang baru lahir. Mereka datang ke Yerusalem untuk tujuan itu, sebelum diarahkan ke Betlehem, tempat kelahiran raja itu menurut kitab nabi-nabi. Ketika ketiga sarjana sujud di depan Yesus (Mat 2:11), di sana ada pengakuan tentang kuasa Allah yang mencakupi semua bangsa. Keselamatan inilah yang diwartakan oleh Yesus dan diteruskan oleh para rasul serta semua umat Allah hingga saat ini, sehingga orang bukan Yahudi pun turut menjadi ahliwaris keselamatan (bdk. Ef 3:6).

GEREJA masa kini hidup dalam masyarakat yang terbuka, tetapi juga di tengah hambatan fanatisme agama, suku, ras dan aneka kelompok sosial lainnya. Tantangan untuk menampilkan Gereja Yesus Kristus yang terbuka bagi semua bangsa makin serius dan rumit. Toh kewajiban itu harus dijalankan, karena Yesus memang memerintahkan kita untuk mewartakan Injil kepada semua orang (bdk. Mat 28:19). Supaya pewartaan itu dapat terlaksana, kita mulai dengan menyerap ajaran-ajaran inklusif Kerajaan Allah. Tuhan ada untuk semua orang, bukan hanya bagi orang Kristiani. Selanjutnya, jangan berkolaborasi dengan kegelapan. Tiga raja sukses dengan misinya karena menolak terlibat dengan Herodes. Dan akhirnya, berpandangan positip tentang orang, bahwa mereka pun anak Tuhan yang berhak atas keselamatan. (ap)

Ampunilah kami, ya Tuhan, jika tidak menghargai sesama kami. Murnikan dan jadikanlah kami duta-duta Kerajaan-mu kepada bangsa-bangsa. Amin!

© 2018 twm

Mazmur Tanggapan (Mzm 72:1-2.7-8.10-13.17; R: 11)

Ref: Segala ujung bumi melihat keselamatan yang datang dari Allah kita!

  1. Ya Allah berikanlah hukum-Mu kepada Raja dan keadilan-Mu kepada putera raja! Kiranya ia mengadili umatMu dengan keadilan, dan menghakimi orang-orang-Mu yang tertindas dengan hukum.
  2. Kiranya keadilan berkembang dalam zamannya, dan damai sejahtera berlimpah, sampai tak ada lagi bulan! Kiranya ia memerintah dari laut sampai ke laut, dari Sungai Efrat sampai ke ujung bumi.
  3. Kiranya raja-raja dari Tarsus dan pulau-pulau membawa persembahan-persembahan; kiranya raja-raja dari Syeba dan Seba menyampaikan upeti; kiranya semua raja sujud menyembah kepadanya, dan segala bangsa menjadi hambanya.
  4. Sebab ia akan melepaskan orang miskin yang berteriak minta tolong, ia akan membebaskan orang tertindas dan orang yang tidak punya penolong; ia akan sayang kepada orang lemah dan orang miskin, ia akan menyelamatkan nyawa orang papa.
 

Rahasia Kristus kini telah diwahyukan dan para bangsa menjadi pewaris perjanjian (Ef 3:2-3a.5-6)

Saudara-saudara, kamu telah mendengar tentang tugas penyelenggaraan kasih karunia Allah yang telah dipercayakan kepadaku demi kamu, yakni bagaimana rahasianya telah dinyatakan kepadaku melalui wahyu. Pada zaman angkatan-angkatan dahulu rahasia itu tidak diberitakan kepada umat manusia, tetapi sekarang dinyatakan dalam Roh kepada para rasul dan nabi-Nya yang kudus. Berkat pewartaan Injil, orang-orang bukan Yahudi pun turut menjadi ahli waris, menjadi anggota tubuh serta peserta dalam janji yang diberikan Kristus Yesus.

 

Kami datang dari Timur untuk menyembah Sang Raja (Mat 2:1-12)

Pada zaman pemerintahan Raja Herodes, sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem. Mereka bertanya-tanya, “Di manakah Raja Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintangNya di ufuk Timur, dan kami datang untuk menyembah Dia.” Mendengar hal itu, terkejutlah Raja Herodes beserta seluruh Yerusalem. Maka dikumpulkannya semua imam kepala dan ahli Taurat bangsa Yahudi, lalu dimintanya keterangan dari mereka, di mana Mesias akan dilahirkan. Kata mereka kepadanya, “Di Betlehem di tanah Yudea, karena beginilah ada tertulis dalam kitab nabi: Dan engkau, Betlehem di tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin yang akan menggembalakan umatku Israel.”
 
Lalu dengan diam-diam Herodes memanggil orang-orang majus itu, dan dengan teliti bertanya kepada mereka kapan bintang itu tampak. Kemudian ia menyuruh mereka ke Betlehem, katanya, “Pergilah dan selidikilah dengan saksama hal ikhwal Anak itu! Dan segera sesudah kamu menemukan Dia, kabarkanlah kepadaku supaya aku pun datang menyembah Dia.” Setelah mendengar kata-kata Raja Herodes, berangkatlah para majus itu. Dan lihatlah, bintang yang mereka lihat di Timur itu mendahului mereka hingga tiba dan berhenti di atas tempat di mana Anak itu berada. Melihat bintang itu, sangat bersukacitalah mereka. Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya. Lalu mereka bersujud menyembah Dia. Mereka pun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada Anak itu, yaitu emas, kemenyan dan mur. Kemudian, karena diperingatkan dalam mimpi supaya jangan kembali kepada Herodes, mereka pun pulang ke negeri asalnya lewat jalan lain.


HARI SEBELUMNYA  |  INDEX  |  HARI BERIKUTNYA
(Teks bacaan diambil dari Buku Bacaan Misale Romawi Indonesia, terbitan Obor, Jakarta)      


 
All stories by TIRTA WACANA Team except where otherwise noted. All rights reserved. | design: (c) aurelius pati soge