Jl. Kelapa Hijau - Bukit Indah Sukajadi - Batam 29642
SEARCH:

                 
  SVD Batam SOVERDIA (Awam SVD) Pelayanan Kitab Suci Pelayananan Internasional Liturgi dan Devosi Tirta Wacana  
         
Firman Tuhan untukku hari ini...
 
Betapa dalamnya Sabda Alkitabiah.
Semoga kita memperlakukannya dengan penghargaan yang tinggi (St. Arnoldus Janssen
)
 
  Yesus naik ke dalam sebuah perahu, yaitu perahu Simon, menyuruh dia supaya menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu IA duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu. Setelah selesai, Ia berkata kepada Simon, "Bertolaklah ke tempat yang lebih dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan." Simon menjawab, "Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga." (Luk 5:3-5)  
   
   
 
 
Januari 2018
  Masa Natal
 
REFLEKSI BULAN INI
Mg
Sn
Sl
Rb
Km
Jm
Sb
  1 2 3 4 5
28 29 30 31      

Senin, 8 Januari 2018
 
  Pesta Pembaptisan Tuhan  
 
UJUD GEREJA INDONESIA:
"Semoga Gereja menaruh perhatian serius dan mengambil
langkah nyata untuk mengatasi masalah di mana banyak anak
muda Katolik ragu, goyah dan akhirnya meninggalkan iman."
 
 
 
Yes 55:1-11 | Yes 12:2-3.4bcd.5-6: R.3 | 1 Yoh 5:1-9 | Mrk 1:7-11

Marilah dan minumlah! Dengarkanlah Aku, maka kamu akan hidup! (Yes 55:1-11)

Beginilah firman Tuhan, “Hai kamu semua orang yang haus, marilah dan minumlah! Terimalah gandum tanpa uang pembeli dan makanlah. Minumlah anggur dan susu tanpa bayar! Mengapa kamu belanjakan uang untuk sesuatu yang bukan roti? Dan mengapa upah jerih payahmu kamu belanjakan untuk sesuatu yang tidak mengenyangkan? Dengarkanlah Aku, maka kamu akan mendapat makanan yang baik, dan kamu akan menikmati sajian yang paling lezat. Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku. Dengarkanlah Aku maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud. Sesungguhnya Aku telah menetapkan dia menjadi saksi bagi bangsa-bangsa, menjadi seorang raja dan pemerintah bagi suku-suku bangsa. Sesungguhnya engkau akan memanggil bangsa-bangsa yang tidak kaukenal, dan bangsa-bangsa yang tidak mengenal engkau akan berlari kepadamu, oleh karena Tuhan, Allahmu, dan karena yang Mahakudus, Allah Israel, yang mengagungkan engkau. Carilah Tuhan selama Ia berkenan ditemui, berserulah kepada-Nya selama Ia dekat! Baiklah orang fasik meninggalkan jalannya dan orang jahat meninggalkan rancangannya. Baiklah ia kembali kepada Tuhan, maka Tuhan akan mengasihinya. Baiklah ia kembali kepada Allah kita, sebab Allah kita memberi pengampunan dengan limpah. ‘Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku’, demikianlah firman Tuhan. ‘Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah jalan-Ku menjulang di atas jalanmu, dan rancangan-Ku di atas rancanganmu. Seperti hujan dan salju turun dari langit dan tidak kembali ke sana, melainkan mengairi bumi, membuatnya subur dan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, memberi benih kepada penabur dan roti kepada orang yang mau makan; demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: Ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.”

PELANTIKAN seorang pejabat publik ditandai dengan pengambilan sumpah yang disaksikan oleh seorang pemuka agama. Ketika seorang imam ditahbiskan, ia terlebih dahulu berjanji di depan uskup penahbis, antara lain untuk taat kepada uskupnya (atau uskup di mana dia bertugas) dan semua penggantinya. Janji ini diungkapkan di depan umat yang menjadi saksi. Dengan demikian, seorang imam diharapkan selalu ingat akan janji itu dan berusaha sekuat tenaga untuk setia. Andaikata seorang imam tidak setia, ia tidak mendapat sangsi fisik seperti hukuman penjara, tetapi ia jelas mendapat sangsi sosial dari masyarakat, seperti disingkirkan dari pergaulan kolega imam dan umat beriman.

PEMBAPTISAN Yesus dapatlah kita sebut sebagai pelantikan pria Nazaret yang selama ini dikenal sebagai putera Maria dan Yusuf. Mengingat tidak ada catatan Kitab Suci, kita tidak tahu seperti apa penampilan Yesus sebelumnya. Tiba saatnya, "pelantikan" itu terjadi di Sungai Yordan, dalam bentuk baptisan pertobatan. Yang menarik dalam peristiwa ini adalah kehadiran Bapa dan Roh Kudus. Bapa bersabda dari langit, sementara Roh Kudus turun dalam rupa seekor merpati yang melayang di atas-Nya. Roh Kudus itu telah turun ke atas Maria sehingga kemanusiaan Yesus terbentuk. Kini Roh yang sama mengawal Putera Manusia menjalankan tugas sebagai pelaksana karya keselamatan. Maka terpenuhilah nubuat Nabi Yesaya, "Firman yang keluar dari mulut-Ku tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya" (Yes 55:11). Dengan menjadi manusia, Firman itu bisa berkarya sebagai manusia, di tengah manusia, memimpin manusia ke jalan keselamatan.

UMAT KRISTIANI diberkati secara khusus oleh Tuhan, karena tradisi Gereja menempatkan tahapan-tahapan pelayanan sesuai dengan pertumbuhan usia dan kematangan rohani. Tahapan itu adalah sakramen-sakramen. Kita dimeterai Tuhan menjadi anak-anak-Nya lewat Sakramen Baptis. Kita diteguhkan dalam hidup sehari-hari oleh Sakramen Ekaristi dan Pengampunan Dosa. Kita diberi tanggung jawab untuk mewartakan Sabda Tuhan melalui Sakramen Krisma. Lalu, oleh pilihan bebas kita bisa menentukan peranan kita masing-masing, melalui Sakramen Perkawinan dan Imamat. Ketika kita sakit dan butuh kekuatan, Tuhan hadir dalam Sakramen Pengurapan orang sakit. Jika kita memahami makna sakramen-sakramen, kita sadar akan tanggung jawab kita dan menjalankan kewajiban itu dengan sukacita. (ap)

Ampunilah kami, ya Tuhan, jika tidak menghargai sesama kami. Murnikan dan jadikanlah kami duta-duta Kerajaan-mu kepada bangsa-bangsa. Amin!

© 2018 twm

BACAAN LAIN:
Ada tiga yang memberi kesaksian di bumi: Roh, air dan darah (1 Yoh 5:1-9)

Saudara-saudara yang terkasih, setiap orang yang percaya, bahwa Yesus adalah Kristus, lahir dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi Dia yang melahirkan, mengasihi juga dia yang lahir dari pada-Nya. Inilah tandanya bahwa kita mengasihi anak-anak Allah, yaitu apabila kita mengasihi Allah dan melakukan perintah-perintah-Nya. Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu bahwa kita menuruti perintah-perintah-Nya. Dan perintah-perintah-Nya itu tidak berat, sebab semua yang lahir dari Allah mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia, yakni iman kita. Tidak ada orang yang mengalahkan dunia selain dia yang percaya bahwa Yesus adalah Anak Allah. Dia inilah yang telah datang dengan air dan darah, yaitu Yesus Kristus; bukan saja dengan air tetapi dengan air dan darah. Dan Roh lah yang memberi kesaksian, karena Roh adalah kebenaran. Sebab ada tiga yang memberi kesaksian di bumi, yakni Roh, air dan darah, dan ketiganya adalah satu. Kesaksian manusia kita terima, tetapi kesaksian Allah lebih kuat. Sebab demikianlah kesaksian yang diberikan Allah tentang Anak-Nya.

 

Mazmur Tanggapan (Yes 12:2-3.4bcd.5-6; R: 3)

Ref: Tuhan, Dikau-lah sumber air hidup.

  1. Sungguh, Allah itu keselamatanku, aku percaya dan tidak gemetar; sebab Tuhan Allah itu kekuatan dan mazmurku, Ia telah menjadi keselamatanku. Maka aku akan menimba air dengan kegirangan dari mata air keselamatan.
  2. Bersyukurlah kepada Tuhan, panggillah namaNya, beritahukanlah karya-Nya di antara bangsa-bangsa, masyhurkanlah bahwa nama-Nya tinggi luhur.
  3. Bermazmurlah bagi Tuhan sebab mulia karya-Nya; baiklah hal ini diketahui di seluruh bumi! Berserulah dan bersorak-sorailah, hai penduduk Sion, sebab Yang Mahakudus, Allah Israel, agung di tengah-tengahmu.
 

Engkaulah Anak yang Kukasihi. Kepada-Mulah Aku berkenan (Mrk 1:7-11)

Tatkala banyak orang minta dibaptis, Yohanes memberitakan kepada mereka, “Sesudah aku akan datang Dia yang lebih berkuasa daripadaku. Membungkuk dan membuka tali kasutNya pun aku tidak layak. Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia membaptis kamu dengan Roh Kudus.” Pada waktu itu datanglah Yesus dari Nazaret di tanah Galilea, dan Ia dibaptis di Sungai Yordan oleh Yohanes. Pada saat keluar dari air, Yesus melihat langit terkoyak, dan Roh seperti burung merpati turun ke atas-Nya. Lalu terdengarlah suara dari surga, “Engkaulah Anak yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan.”


HARI SEBELUMNYA  |  INDEX  |  HARI BERIKUTNYA
(Teks bacaan diambil dari Buku Bacaan Misale Romawi Indonesia, terbitan Obor, Jakarta)      


 
All stories by TIRTA WACANA Team except where otherwise noted. All rights reserved. | design: (c) aurelius pati soge