Jl. Kelapa Hijau - Bukit Indah Sukajadi - Batam 29642
SEARCH:

                 
  SVD Batam SOVERDIA (Awam SVD) Pelayanan Kitab Suci Pelayananan Internasional Liturgi dan Devosi Tirta Wacana  
         
Firman Tuhan untukku hari ini...
 
Betapa dalamnya Sabda Alkitabiah.
Semoga kita memperlakukannya dengan penghargaan yang tinggi (St. Arnoldus Janssen
)
 
  Yesus naik ke dalam sebuah perahu, yaitu perahu Simon, menyuruh dia supaya menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu IA duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu. Setelah selesai, Ia berkata kepada Simon, "Bertolaklah ke tempat yang lebih dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan." Simon menjawab, "Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga." (Luk 5:3-5)  
   
   
 
 
Februari 2018
  Masa Biasa Pekan 4
 
REFLEKSI BULAN INI
Mg
Sn
Sl
Rb
Km
Jm
Sb
        1 2
25 26 27 28      

Kamis, 1 Februari 2018
 
  St. Brigida, biarawati  
 
UJUD GEREJA INDONESIA:
"Semoga dokter-dokter Katolik tidak menurunkan kualitas pelayanan medisnya dan secara profesional tetap menolong pasien-pasiennya yang menggunakan program jaminan kesehatan nasional."
 
 
 
1 Raj 2:1-4.10-12 | 1 Taw 29:10-12 | Mrk 6:7-13

Aku akan mengakhiri perjalananku yang fana ini. Kuatkanlah hatimu, dan berlakulah kesatria (1 Raj 2:1-4.10-12)

Saat kematian Daud sudah mendekat. Pada suatu hari ia berpesan kepada Salomo, anaknya: “Aku ini akan mengakhiri perjalananku yang fana. Maka kuatkanlah hatimu dan berlakulah kesatria. Lakukanlah kewajibanmu dengan setia terhadap Tuhan, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya, dan dengan tetap mengikuti segala ketetapan, perintah, peraturan dan ketentuan-Nya, seperti yang tertulis dalam hukum Musa. Semoga dengan demikian engkau beruntung dalam segala yang kaulakukan dan dalam segala yang kautuju, dan semoga Tuhan menepati janji yang diucapkan-Nya tentang aku, yakni, jika anak-anakmu laki-laki tetap hidup di hadapan-Ku dengan setia, dengan segenap hati dan dengan segenap jiwa, maka keturunanmu takkan terputus dari takhta kerajaan Israel.”
Kemudian Daud mendapat istirahat bersama-sama nenek moyangnya, dan ia dikuburkan di kota Daud. Jadi Daud memerintah orang Israel selama empat puluh tahun; di Hebron ia memerintah tujuh tahun, dan di Yerusalem tigak puluh tiga tahun. Kemudian Salomo duduk di atas takhta Daud, ayahnya, dan menjadi kokohlah kerajaannya.

 
BERDIRI di depan kaum keluarga dan umat serta para undangan, sesepuh kampungku, Gabriel Gewayo Gaya, menyerahkan sebuah hadiah untukku: selembar kain adat dan selempang tenunan. Tak ada yang luar biasa dari hadiah itu, tetapi yang istimewa adalah kata-kata wejangan. Menggunakan bahasa sastra klasik, kata-kata itu mengalir seperti musik, terangkai indah dan sarat makna. Intinya adalah agar saya selalu setia pada jalan imamatku, bukan saja demi diriku tapi demi seluruh kampung ini. Itulah sepenggal catatan harianku, Minggu, 29 Oktober 2017.

WEJANGAN Daud kepada Salomo, anaknya, merupakan pewarisan nilai iman dan moral. Daud sudah mengalami apa konsekuensi kesetiaan dan pengkianatan kepada Tuhan. Ketika seorang umat berlaku setia, segala rahmat dan kebaikan membayanginya, sebab ia hanya berpikir untuk melakukan kehendak Tuhan. Ketika orang berkianat, kutuk dan kejahatan membayanginya, sebab ia hanya berpikir untuk melakukan kejahatan. Agar bisa selalu berada di jalan yang benar, orang perlu menempa diri. Yesus mengutus para murid-Nya dengan kuasa mengajar dan melakukan mujizat, tetapi disertai syarat, yakni tak boleh membawa uang dan bekal. Ada dua hal yang diuji: apakah para murid tahan dengan disiplin itu; dan apa tanggapan umat terhadap karunia rahmat yang turun ke atas mereka melalui para murid tersebut.

PEWARISAN tradisi berjalan dengan baik di dalam Gereja Katolik. Kita mengenal tiga pilar ajaran gereja, yakni Tradisi Suci, Kitab Suci, Magisterium. Pewarisan tradisi gereja tercermin dalam liturgi dan ajaran-ajaran iman. Selama berabad-abad, tradisi membentuk nilai-nilai yang kini kita hayati. Nilai-nilai ini membentuk pola pikir dan melahirkan ajaran moral, kemanusiaan dan budaya. Bagi kita, pewarisan itu mencerminkan kesetiaan pada ajaran Tuhan. Yesus tidak memberikan seperangkat aturan tetapi prinsip dasar. Kita yang menentukan detil konkrit. Tanpa kesetiaan pada warisan tradisi, kita mudah menyimpang dari jalan kebenaran. (ap)

Berilah kami rejeki hari ini, ya Tuhan, dan anugerahilah kami kebijaksanaan, agar sangguplah kami memelihara anugerah-Mu, martabat diri kami. Amin!

© 2018 twm

Mazmur Tanggapan (1 Taw 29:10.11ab.11d-12a.12bcd; R: 12b)

Ref: Ya Tuhan, Engkau menguasai segala-galanya.

  1. Terpujilah Engkau, ya Tuhan, Allah bapa kami Israel, dari sediakala sampai selama-lamanya.
  2. Ya Tuhan, milik-Mulah kebesaran dan kejayaan, kehormatan, kemasyhuran dan keagungan; ya, segala-galanya yang ada di langit dan di bumi!
  3. Ya Tuhan, milik-Mulah kerajaan. Engkaulah yang tertinggi melebihi segala-galanya. Sebab kekayaan dan kemuliaan berasal dari pada-Mu.
  4. Engkaulah yang berkuasa atas segala-galanya. Dalam tangan-Mu lah kekuatan dan kejayaan, dalam tangan-Mulah kusa untuk memperluas dan memperkokoh kerajaan.
 

Yesus mengutus murid-murid-Nya (Mrk 6:7-13)

Sekali peristiwa, Yesus memanggil kedua belas murid dan mengutus mereka berdua-dua. Ia memberi mereka kuasa atas roh-roh jahat, dan berpesan kepada mereka supaya jangan membawa apa-apa dalam perjalanan, kecuali tongkat; roti pun tidak boleh dibawa, demikian pula bekal dan uang dalam ikat pinggang; mereka boleh memakai alas kaki, tetapi tidak boleh memakai dua baju. Kata Yesus selanjutnya kepada murid-murid itu, “Kalau di suatu tempat kamu sudah diterima dalam suatu rumah, tinggallah di situ sampai kamu berangkat dari tempat itu. Kalau ada suatu tempat yang tidak mau menerima kamu, dan kalau mereka tidak mau mendengarkan kamu, keluarlah dari situ dan bebaskanlah debu yang ada di kakimu sebagai peringatan bagi mereka.” Lalu pergilah mereka memberitakan bahwa orang harus bertobat. Mereka mengusir banyak setan, mengoles banyak orang sakit dengan minyak dan menyembuhkan mereka.

 

HARI SEBELUMNYA  |  INDEX  |  HARI BERIKUTNYA
(Teks bacaan diambil dari Buku Bacaan Misale Romawi Indonesia, terbitan Obor, Jakarta)      


 
All stories by TIRTA WACANA Team except where otherwise noted. All rights reserved. | design: (c) aurelius pati soge