Jl. Kelapa Hijau - Bukit Indah Sukajadi - Batam 29642
SEARCH:

                 
  SVD Batam SOVERDIA (Awam SVD) Pelayanan Kitab Suci Pelayananan Internasional Liturgi dan Devosi Tirta Wacana  
         
Firman Tuhan untukku hari ini...
 
Betapa dalamnya Sabda Alkitabiah.
Semoga kita memperlakukannya dengan penghargaan yang tinggi (St. Arnoldus Janssen
)
 
  Yesus naik ke dalam sebuah perahu, yaitu perahu Simon, menyuruh dia supaya menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu IA duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu. Setelah selesai, Ia berkata kepada Simon, "Bertolaklah ke tempat yang lebih dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan." Simon menjawab, "Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga." (Luk 5:3-5)  
   
   
 
 
Februari 2018
  Masa Prapaskah Pekan 1
 
REFLEKSI BULAN INI
Mg
Sn
Sl
Rb
Km
Jm
Sb
        1 2
25 26 27 28      

Senin, 19 Februari 2018
 
  St. Konradus dari Lombardia, pengaku iman  
 
UJUD GEREJA INDONESIA:
"Semoga dokter-dokter Katolik tidak menurunkan kualitas pelayanan medisnya dan secara profesional tetap menolong pasien-pasiennya yang menggunakan program jaminan kesehatan nasional."
 
 
 
Im 19:1-2.11-18 | Mzm 19:8-10.15 | Mat 25:31-46

Engkau harus mengadili sesamamu dengan kebenaran (Im 19:1-2.11-18)

Tuhan berfirman kepada Musa, “Berbicaralah kepada segenap jemaat Israel, dan katakan kepada mereka: Kuduslah kamu, sebab Aku, Tuhan Allahmu, kudus. Janganlah kamu mencuri, janganlah kamu berbohong dan janganlah berdusta seorang kepada sesamanya. Janganlah kamu bersumpah dusta demi nama-Ku, supaya engkau jangan melanggar kekudusan nama Allahmu; Akulah Tuhan. Janganlah engkau memeras sesamamu manusia, dan janganlah merampas; janganlah kautahan upah seorang pekerja harian sampai besok harinya. Janganlah kaukutuki orang tuli, dan di depan orang buta janganlah kautaruh batu sandungan; engkau harus takut akan Allahmu; Akulah Tuhan. Janganlah kamu berbuat curang dalam peradilan; janganlah membela orang kecil secara tidak wajar, dan janganlah engkau terpengaruh oleh orang-orang besar, tetapi engkau harus mengadili sesamamu dengan kebenaran. Janganlah engkau pergi kian kemari menyebarkan fitnah di antara orang-orang sebangsamu; janganlah engkau mengancam hidup sesamamu manusia; Akulah Tuhan. Janganlah engkau membenci saudaramu di dalam hati, tetapi engkau harus berterus terang menegur sesamamu. Janganlah engkau menuntut balas dan janganlah menaruh dendam terhadap orang-orang sebangsamu, melainkan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Akulah Tuhan!”

 
KENDARAAN yang banyak dipakai harus secara berkala masuk bengkel untuk pemeliharaan rutin. Minyak mesin harus diganti, keseimbangan kendaraan harus dibetulkan, rem dan persneling perlu dicek, dan sebagainya. Dengan itu kerja mesin kembali bagus dan kendaraan dapat melayani kebutuhan pemiliknya. Seorang atlit perlu beristirahat yang cukup kalau ingin terus ada dalam penampilan prima dan berprestasi. Satu organisasi yang mandek perlu dibuat penyegaran kembali lewat evaluasi dan animasi baru bagi anggota, agar kinerja kembali normal.

MASA PRAPASKAH itu ibarat "masuk bengkel" untuk mereparasi kembali elemen-elemen kepribadian kita sebagai orang beriman yang sudah tergerus oleh dosa. Pemeriksaan batin menghidupkan kembali suara hati. Pertobatan membuat orang ingin memperbaiki diri. Pengampunan menumbuhkan komitmen baru untuk hidup lebih baik. Salah satu buah konkrit yang diharapkan ialah, agar orang beriman kembali menghayati moralitas Kristiani yang benar sesuai dengan kehendak Kristus. Tema hari ini adalah moralitas keadilan. Kitab Taurat menekankan pentingnya berlaku adil. "Engkau harus mengadili sesamamu dengan kebenaran" (Im 19:15). Kebenaran itu bersumber pada cinta (bdk. Im 19:18) yang membuat manusia mampu melihat kehadiran Tuhan di dalam diri sesama. Jika mental itu sudah ada, orang mau memperlakukan sesama dengan baik, karena ketika melayani sesama, sesungguhnya orang melayani Tuhan yang hadir di sana (bdk. Mat 25:40).

JALAN keselamatan yang kita tempuh penuh dengan tantangan yang menguras kekuatan jiwa. Seperti kendaraan yang perlu pemeliharaan rutin, atau badan yang perlu istirahat, jiwa juga memerlukan vitamin rohani. Kita perlu menarik diri dari rutinitas sehari-hari agar dengan hati jernih memeriksa diri, mengevaluasi tingkah laku, jujur mengakui kelemahan dan dengan rendah hati memohon pengampunan. Semua proses ini menghantar kita ke penemuan daya iman yang baru, yang bersumber dari sukacita, karena kita tahu, bahwa Tuhan yang Mahapengasih mengampuni dan menerima kita apa adanya. (ap)

Tegurlah kami bila kami berlaku tak adil, ya Tuhan, agar kami dengan jujur dan tulus menegakkan keadilan dan mengupayakan perdamaian. Amin.

© 2018 twm

Mazmur Tanggapan (Mzm 19:8-10.15; R: Yoh 6:64b)

Ref: Sabda-Mu, ya Tuhan, adalah roh dan kehidupan.

  1. Taurat Tuhan itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan Tuhan itu teguh, memberikan hikmat kepada orang bersahaja.
  2. Titah Tuhan itu tepat, menyukakan hati; perintah Tuhan itu murni, membuat mata ceria.
  3. Takut akan Tuhan itu suci, tetap ada untuk selamanya; hukum-hukum Tuhan itu benar, adil selalu.
  4. Mudah-mudahan Engkau sudi mendengarkan ucapan mulutku dan berkenan akan renungan hatiku, ya Tuhan, Gunung Batu dan Penebusku.

Segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku (Mat 25:31-46)

Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaan, dan semua malaikat datang bersama-sama dengan Dia, maka Ia akan bersemayam di atas tahta kemuliaan-Nya. Lalu semua bangsa akan dikumpulkan di hadapan-Nya, dan Ia akan memisahkan mereka seorang dari pada seorang, sama seperti gembala memisahkan domba dari kambing. Ia akan menempatkan domba-domba di sebelah kanan-Nya dan kambing-kambing di sebelah kiri-Nya. Lalu Raja itu akan berkata kepada mereka yang di sebelah kanan-Nya, ‘Mari, hai kamu yang diberkati oleh Bapa-Ku, terimalah Kerajaan yang telah disediakan bagimu sejak dunia dijadikan. Sebab ketika Aku lapar, kamu memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu memberi Aku minum; ketika Aku seorang asing, kamu memberi aku tumpangan; ketika Aku telanjang, kamu memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit, kamu melawati Aku; ketika Akku di dalam penjara, kamu mengunjungi Aku.’
 
Maka orang-orang benar itu akan bertanya kepada-Nya, ‘Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar dan kami memberi Engkau makan, atau haus dan kami memberi Engkau minum? Bilamanakah kami melihat Engkau sebagai orang asing, dan kami memberi Engkau tumpangan, atau telanjang dan kami memberi Engkau pakaian? Bilamanakah kami melihat Engkau sakit atau dalam penjara dan kami mengunjungi Engkau?’ Maka Raja itu akan menjawab mereka, ‘Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.’
Dan Ia akan berkata juga kepada mereka yang di sebelah kiri-Nya, ‘Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal, yang telah disediakan untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya. Sebab ketika Aku lapar, kamu tidak memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu tidak memberi Aku minum; ketika Aku seorang asing, kamu tidak memberi Aku tumpangan; ketika Aku telanjang, kamu tidak memberi Aku pakaian; ketika aku sakit dan dalam penjara, kamu tidak melawati Aku.’ Lalu merekapun akan bertanya kepada-Nya, ‘Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar, atau haus, atau sebagai orang asing, atau telanjang atau sakit atau dalam penjara dan kami tidak melayani Engkau?’ Maka Ia akan menjawab mereka, ‘Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang tidak kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu tidak melakukannya juga untuk Aku.’ Dan mereka ini akan masuk ke tempat siksaan yang kekal, tetapi orang benar masuk ke dalam hidup yang kekal.”

HARI SEBELUMNYA  |  INDEX  |  HARI BERIKUTNYA
(Teks bacaan diambil dari Buku Bacaan Misale Romawi Indonesia, terbitan Obor, Jakarta)      


 
All stories by TIRTA WACANA Team except where otherwise noted. All rights reserved. | design: (c) aurelius pati soge