Jl. Kelapa Hijau - Bukit Indah Sukajadi - Batam 29642
SEARCH:

                 
  SVD Batam SOVERDIA (Awam SVD) Pelayanan Kitab Suci Pelayananan Internasional Liturgi dan Devosi Tirta Wacana  
 
  Berita di antara kita  
 
 
"Janganlah kamu takut terhadap mereka, karena tidak ada sesuatu pun yang tertutup yang tidak akan dibuka dan tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi yang tidak akan diketahui. Apa yang Kukatakan kepadamu dalam gelap, katakanlah itu dalam terang; dan apa yang dibisikkan ke telingamu, beritakanlah itu dari atas atap rumah."
(Mat 10:26-27)
   
   
   
   
 
  Kerasulan Kitab Suci:
Belajar Mencintai Dan Menghayati Sabda Tuhan
     
 

MENDALAMI Firman Tuhan merupakan kebutuhan umat Kristiani, agar lebih dalam mengenal dan mencintai Kristus, memahami sejarah keselamatan, ikut serta membangun Kerajaan Allah sesuai perutusan yang diberikan Kristus kepada para murid, dan seterusnya. Bagi umat Keuskupan Pangkalpinang yang memilih KBG (Komunitas Basis Gerejawi) sebagai area dan bingkai pastoral, mempelajari Kitab Suci sudah menjadi kebutuhan urgen. Pastoral keuskupan ini menekankan tiga prioritas membangun umat Allah, yakni (1) berpusat pada Kristus, (2) berkomunio, dan (3) bermisi. Untuk mewujudkan perhatian pertama, Kitab Suci menjadi pilihan, yang ditunjang oleh metode sharing Injil tujuh langkah, agar umat semakin mengenal Sabda Tuhan, mencintaiNya dan merasakan kehadiranNya, sehingga umat semakin berorientasi pada Kristus di dalam hidup mereka.

 


Peserta Kursus Kitab Suci September-Desember 2016: ignoratio scripturarum ignoratio Christi est...

 
 

TIRTA WACANA memberikan sumbangan

Menyadari kebutuhan tersebut dan mengingat kembali alasan kehadiran lembaga Tirta Wacana: SVD Bible Centre di Sukajadi Batam, sebagai lembaga pembelajaran Kitab Suci yang dikelola oleh para misionaris SVD (Societas Verbi Divini), Direktur Tirta Wacana, P. Aurelius Pati Soge, SVD, berinisiatip untuk menawarkan kursus Kitab Suci secara teratur. Bekerja sama dengan rekan awam, kursus yang dirindukan oleh banyak orang tersebut dihidupkan kembali setelah beberapa lama tenggelam. Tawaran tersebut langsung mendapat sambutan dari para penggemar belajar Kitab Suci. Tujuh puluh lima peserta pertama didaftar untuk memulai kegiatan tersebut, yang berlangsung antara 13 September - 13 Desember 2016, setiap hari Selasa, dibimbing oleh P. Pati Soge. Peserta yang datang dari berbagai latar belakang tingkatan pendidikan, usia, profesi dan budaya, menjadi tantangan tersendiri, bagaimana membahasakan pokok-pokok pengajaran agar dapat dipahami dengan baik oleh semua peserta. Mengingat materi kursus, peserta yang diterima untuk program kali ini adalah mereka yang sudah pernah mengikuti kursus dasar Kitab Suci atau sudah menjadi fasilitator KBG, Pertimbangan utama kursus ini ialah, agar para peserta yang kebanyakan merupakan faisilitator KBG dan sudah menguasai dengan baik metode sharing Injil tujuh langkah tersebut, memilih pengetahuan lebih sehingga tampil penuh percaya diri di dalam membimbing umat mendalami pesan-pesan Kitab Suci. Tujuan terjauh tetap sama, yakni agar umat Allah semakin mengenal dan mencintai Kristus, Firman Tuhan yang menjadi manusia (Yoh 1:14).

 
   

DIA yang harus datang sudah datang

Injil Matius menjadi pilihan pertama untuk belajar bersama Kitab Suci tersebut, dengan tema: "Dia yang harus datang sudah datang!" Para peserta diajak untuk mendalami seluruh Injil Matius, menurut kerangka umum eksegese yang luas diterima dalam studi-studi Kitab Suci, dalam dua belas pertemuan, dengan kerangka sebagai berikut:

  • Pertemuan 1: Pengantar
  • Pertemuan 2: Masa kecil Yesus dan persiapan menuju karya pelayanan.
  • Pertemuan 3: Kotbah di bukit.
  • Pertemuan 4: Kekuasaan dan undangan.
  • Pertemuan 5: Kemuridan dan perutusan
  • Pertemuan 6: Penolakan terhadap Yesus.
  • Pertemuan 7: Perumpamaan tentang Kerajaan Allah.
  • Pertemuan 8: Pengenalan atas diri Yesus oleh para murid.
  • Pertemuan 9: Komunitas.
  • Pertemuan 10: Kekuasaan dan undangan
  • Pertemuan 11: Kedatangan Kerajaan Allah.
  • Pertemuan 12: Wafat dan kebangkitan Yesus.

Pertemuan akan diakhir dengan meditasi bersama tentang Injil Matius sebagai tanda syukur atas kegiatan, direncanakan tanggal 13 Desember 2016. Kelanjutan dari kegiatan ini akan diumumkan pada waktunya.

 
     


 
All stories by TIRTA WACANA Team except where otherwise noted. All rights reserved. | design: (c) aurelius pati soge