Jl. Kelapa Hijau - Bukit Indah Sukajadi - Batam 29642
SEARCH:

                 
  SVD Batam SOVERDIA (Awam SVD) Pelayanan Kitab Suci Pelayananan Internasional Liturgi dan Devosi Tirta Wacana  
         
Firman Tuhan untukku hari ini...
 
Betapa dalamnya Sabda Alkitabiah.
Semoga kita memperlakukannya dengan penghargaan yang tinggi (St. Arnoldus Janssen
)
 
  Yesus naik ke dalam sebuah perahu, yaitu perahu Simon, menyuruh dia supaya menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu IA duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu. Setelah selesai, Ia berkata kepada Simon, "Bertolaklah ke tempat yang lebih dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan." Simon menjawab, "Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga." (Luk 5:3-5)  
   
   
 
 
April 2018
  Masa Paskah Pekan 2
 
REFLEKSI BULAN INI
Mg
Sn
Sl
Rb
Km
Jm
Sb
1 2 3 4 5 6
29 30          

Kamis, 12 April 2018
 
  St. Sabas dari Goth (Rumania), martir  
 
UJUD GEREJA INDONESIA:
"Semoga Gereja membantu dan sungguh terlibat dalam bekerja sama dengan pemerintah dan kelompok masyarakat lain yang berupaya menangkal segala bentuk radikalisme dan fundamentalisme yang sedang mengancam keutuhan bangsa."
 
 
Kis 5:27-33 | Mzm 34:2.9.17-20 | Yoh 3:31-36

Kami adalah saksi dari segala sesuatu dan Roh Kudus (Kis 5:27-33)

Pagi itu kepala pengawal Bait Allah serta orang-orangnya menangkap para rasul yang sedang mengajar orang banyak dan menghadapkan mereka kepada Mahkamah Agama Yahudi. Imam Besar lalu mulai menegur mereka, “Dengan keras kami melarang kamu mengajar dalam nama Yesus. Namun ternyata kamu telah memenuhi Yerusalem dengan ajaranmu, dan kamu hendak menanggungkan darah orang itu kepada kami.” Tetapi Petrus dan rasul-rasul itu menjawab, “Kita harus lebih taat kepada Allah daripada kepada manusia. Allah nenek moyang kita telah membangkitkan Yesus yang kamu gantungkan pada kayu salib dan kamu bunuh. Dialah yang telah ditinggikan oleh Allah sendiri dengan tangan kanan-Nya menjadi Pemimpin dan Juruselamat, supaya Israel dapat bertobat dan menerima pengampunan dosa. Dan kami adalah saksi dari segalanya itu, kami dan Roh Kudus, yang dikaruniakan Allah kepada semua orang yang menaati Dia.” Mendengar perkataan itu sangatlah tertusuk hati mereka, dan mereka berusaha membunuh rasul-rasul itu.

 
KESEDERHANAAN Petrus dan rasul-rasul yang lain justru menjadi faktor kunci di dalam mengungkapkan kebenaran. Para nelayan Galilea ini terbiasa dengan hidup apa adanya. Profesi menangkap ikan membentuk watak itu, sehingga mereka polos menyampaikan apa yang mereka yakini. Ketika berhadapan dengan elite Yahudi yang penuh intrik dan konspirasi, watak ini memungkinkan mereka menyampaikan kebenaran seperti yang mereka imani. "Kita harus lebih taat kepada Allah daripada kepada manusia", kata Petrus menegaskan posisinya di hadapan Makhamah Agama.

KETEGASAN Petrus itu mengamini kesaksian Yohanes Pembaptis ketika ia mempersiapkan jalan bagi Mesias. "Siapa yang menerima kesaksian-Nya, ia mengakui bahwa Allah adalah benar. Sebab siapa yang diutus Allah, Dialah yang menyampaikan firman Allah, karena Allah mengaruniakan Roh-Nya dengan tidak terbatas", kata Yohanes (Yoh 3:33-34). Kesaksian ini menegaskan tipe sikap manusia terhadap pesan keselamatan yang direncanakan Tuhan. Berbagai cara dipergunakan Tuhan untuk mengingatkan manusia akan bahaya dosa. Namun sejarah keselamatan membuktikan, bahwa manusia selalu dengan sengaja mengingkari Tuhan. Di sini belas kasih Tuhan berperanan, karena walaupun ditolak, Tuhan tetap mengirim utusan-Nya, hingga berpuncak pada Yesus. Kita memupuk kesadaran untuk menuruti firman Tuhan itu.

DI DALAM diri setiap orang selalu ada potensi berbuat baik dan potensi berbuat jahat. Kehendak bebas menentukan, bagaimana seseorang itu berada di pihak yang benar atau yang salah. Tuhan sudah memberi kita kehendak tersebut, namun ia juga memberi kita pedoman, agar ketika kita tidak bisa menentukan sikap, ada pedoman yang harus dirujuk. Itulah perintah Tuhan, agar kita selalu melakukan hal yang benar; menyampaikan firman pembawa kehidupan; bertekun dalam pelayanan, sehingga semakin banyak orang yang menerima dan mengikuti jalan Kristus. (ap)

Ketika kami kehilangan arah hidup kami, ya Tuhan, datanglah dan ingatkanlah kami agar berbalik dari dosa dan kembali kepada-Mu. Amin.

© 2018 twm

Mazmur Tanggapan (Mzm 34:2.9.17-20; R: 7a)

Ref: Orang yang tertindas berseru dan Tuhan mendengarkan.

  1. Aku hendak memuji Tuhan setiap waktu; puji-pujian kepada-Nya selalu ada di dalam mulutku. Kecaplah dan lihatlah, betapa baiknya Tuhan! Berbahagialah orang yang berlindung pada-Nya!
  2. Wajah Tuhan menentang orang-orang yang berbuat jahat untuk melenyapkan ingatan akan mereka dari muka bumi. Apabila orang benar itu berseru-seru, Tuhan mendengarkan; dari segala kesesakannya mereka Ia lepaskan.
  3. Tuhan itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya. Kemalangan orang benar memang banyak, tetapi Tuhan melepaskan dia dari semua itu.
 

Bapa mengasihi Anak dan telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya (Yoh 3:31-36)

Yohanes Pembaptis memberi kesaksian tentang Yesus di hadapan murid-muridnya, “Siapa yang datang dari atas ada di atas semuanya; siapa yang berasal dari bumi, termasuk pada bumi dan berkata-kata dalam bahasa bumi. Siapa yang datang dari surga ada di atas semuanya. Ia memberi kesaksian tentang apa yang dilihat-Nya dan yang didengar-Nya, tetapi tak seorang pun menerima kesaksian-Nya itu. Siapa yang menerima kesaksian-Nya, ia mengakui bahwa Allah adalah benar. Sebab siapa yang diutus Allah Dialah yang menyampaikan firman Allah, karena Allah mengaruniakan Roh-Nya dengan tidak terbatas. Bapa mengasihi Anak dan telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya. Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal; tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya.”

 

HARI SEBELUMNYA  |  INDEX  |  HARI BERIKUTNYA
(Teks bacaan diambil dari Buku Bacaan Misale Romawi Indonesia, terbitan Obor, Jakarta)      


 
All stories by TIRTA WACANA Team except where otherwise noted. All rights reserved. | design: (c) aurelius pati soge